Tanya Dokter

  • Usia minimal diperbolehkan penggunaan gendongan kangguru

  •  Shofariyah Ia
    Anggota
    Dok kalau bayi umur 3 bulan apa bisa menggunakan gendongan kangguru?

    Halo, Shofariyah. Gendongan model kanguru bisa dimulai saat bayi berusia 3 hingga 6 bulan. Metode ini juga memungkinkan bayi merasa sangaaatt aman, nyaman, menguatkan insting bayi dengan selalu mendengar detak jantung Ibunya. Pada beberapa merek dagang, jenis gendongan kanguru tidak hanya diciptakan untuk membuat kenyamanan bayi tapi juga Ibu. Bahkan pada bayi prematur pun kini tenaga medis juga menyarankan penggunaaan gendongan Kanguru sebagai inkubator alami. Cukup dilekatkan pada dada Ibu, bayi-bayi ini akan mendapat aliran hangat yang pas 37 derajat celcius. Terlebih lagi, ikatan kasih antara Ibu dan Bayi dapat lebih dalam terjalin. Namun harus disesuaikan dengan kondisi bayi masing-masing. Ada bayi yang pertumbuhannya bagus sehingga bisa digendong metode kangguru, namun ada juga bayi yang keadaan fisiknya tidak memungkinkan untuk digendong dengan metode seperti itu. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggendong bayi adalah :

    • Pastikan bahwa penyangga leher aman untuk bayi yang otot lehernya belum terlalu kuat.
    • Posisi kaki harus diperhatikan. Kaki yang tertekuk secara keliru akan rentan menimbulkan pergeseran tulang pinggul bayi dan pastinya juga tidak akan nyaman untuk si kecil.
    • Jikalau bayi digendong menghadap orang tua pastikan tubuh yang menggendong tidak menutupi hidung sehingga membuat bayi sesak.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S