Tanya Dokter

  • menstruasi lama dan IUD

  •  Adelia Lee
    Anggota

    Mau tanya dok.kan sya pake kontrasepsi IUD biasa haid cuma 7-8 hri tapi 3 hri pertma haidnya banya bahkan tiap 2jam ganti pembalut.tapi pas bln ini sya turun haid suda hpir 1bulan tapi haidnya biasa nggak banya cuma gimana yaa soalnya hpir sebulan..menurut dokter ada gejala penyakit nda?thanks

    Hello, Kontrasepsi IUD memiliki 2 jenis yaitu IUD tembaga dan IUD yang memiliki hormone. Jenis IUD mana yang Anda gunakan ? Jenis IUD juga akan mempengaruhi efek pada tubuh Anda termasuk siklus mentruasinya. Berikut adalah laman yang membahas tentang jenis-jenis kontrasepsi beserta kelebihan dan kekurangannya : http://www.alodokter.com/memilih-alat-kontrasepsi Perdarahan yang banyak dalam hal volume dan durasi menstruasi yang berkepanjangan dapat terjadi sebagai salah satu efek samping dalam pemakaian kontrasepsi jenis IUD. Namun perdarahan yang cukup banyak dan lama dapat menyebabkan kekurangan darah dan memerlukan penanganan dari dokter. Oleh karena itu disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan tersebut dan juga untuk mendapatkan pemeriksaan lebih mendetail terkait mencari tahu penyebab lain terjadinya perdarahan yang banyak dan lama tersebut. Perdarahan menstruasi yang banyak dan lama, bisa disebabkan tidak hanya dari efek samping IUD, namun juga bisa berkaitan dengan kondisi abnormal atau penyakit seperti :

    1. Penyakit radang panggul
    2. Gangguan penggumpalan darah
    3. Polip atau tumor rahim
    4. Kanker
    5. dan lainnya
    Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat mengetahui penyebab gejala yang Anda alami secara pasti. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah terkait dengan keluhan tersebut adalah :
    1. Menjaga kebersihan dari organ intim untuk mencegah infeksi (http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda)
    2. Minum air putih yang banyak
    3. Makan makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, hati ayam, dan lainnya
    4. Istrirahat yang cukup
    5. Mengkonsumsi vitamin penambah darah (http://www.alodokter.com/besi)
    Berikut adalah laman yang memuat tentang kemungkinan penyebab perdarahan menstruasi yang banyak dan lama : http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean  

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.