Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru

  •  Juita Sari
    Anggota
    Selamat pagi dok Saya mau tanya hasil rontegen menyatakan Pulmo : fibroinfiltrat dengan bercak klasifikasi perihiler bilateral et parcaardial kanan hilus kasar Kesimpulan ; bronchopneumoni (dd/ proses spesifik lama) Apakah TB? Terimakasih

    Hallo Juita, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang ingin saya tanyakan apakah terdapat keluhan yang bersangkutan dengan pernafasan sebelumnya ? Sudahkah anda membawa hasil rontgen ini ke dokter yang menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan rontgen ini ?

     

    Foto rontgen merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang berguna untuk membantu menegakkan diagnosa penyakit yang dialami seseorang. Namun kekuatan pemeriksaan penunjang ini tidak bersifat 100% dalam proses pengambilan diagnosis penyakit. Tetap untuk menegakkan diagnosis diperlukan proses anamnesis (tanya jawab dokter pasien secara langsung) dan pemeriksaan fisik langsung.

     

    Berdasarkan dari gambaran hasil rontgen anda ditemukan bahwa :

    Pulmo (Paru) ditemukan adanya gambaran fibroinfiltrat atau gambaran berawan disertai dengan bercak kalsifikasi di bagian perihiler kanan dan kiri paru serta di diparacardial kanan. Dengan kesimpulan adanya bronkopneumonia dd (differential diagnosis) proses spesifik lama atau proses perjalanan penyakit dimasa lampau. 

    Jadi tidak dapat ditentukan apakah yang dimaksudkan adanya penyakit pada diri anda adalah benar bronkopneumonia atau penyakit paru yang lainnya karena untuk menegakkan diagnosis pasti sebuah penyakit tidak hanya ditentukan berdasarkan dari pemeriksaan foto rontgen saja. Sebaiknya diskusikan kembali permasalahan yang terdapat pada paru - paru anda ini dengan dokter yang  telah menangani anda dan telah menyarankan anda untuk dilakukan pemeriksaan foto rontgen. Karena beliau lah yang telah melakukan pemeriksaan langsung terhadap diri anda, sehingga beliau lah yang yang paling berhak untuk menentukkan diagnosis pasti keluhan yang anda alami.

    Semoga informasi ini bermanfaat :')

     - dr. Lia N. Amalina