Tanya Dokter

  • Penularan penyakit kusta

  •  Alfian Syah
    Anggota
    Dok saya mau tanya adik saya umur 19 kena kusta dan sudah berobat rutin 4 bln slm 1 thn yg ingin saya tanyakan apakah pnyakit kusta bisa menular terutama dilingkungan kelurga apalg anak saya yg baru 5 thn

    Halo Alfian.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang adik Anda alami berupa kusta atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai morbus hansen, merupakan suatu infeksi bakteri yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir saluran Pernapasan, hingga mata.

    Gejala yang umumnya muncul jika seseorang menderita penyakit kusta, diantaranya adalah : bercak dikulit dengan mati rasa, pembesaran saraf, lemah atau kelumpuhan pada otot, hilangnya jari-jemari, perubahan bentuk wajah, kerusakan mata, dan lain sebagainya.

    Pengobatan kusta tergolong menjadi dua berdasarkan jenis kusta yang diderita. Jika menderita kusta pausibasiler maka membutuhkan pengobatan dengan MDT selamat 6 bulan. Sedangkan jika menderita kusta jenis multibasiler maka membutuhkan waktu pengobatan MDT selama 12 bulan.

    Umumnya penyembuhan terjadi setelah menyelesaikan durasi pengobatan, Demikian pula potensi penularannya. Oleh karena itu untuk mencegah penularan ke orang disekitar, sebaiknya menghindari kontak fisik langsung secara rutin.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    KUSTA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati