Tanya Dokter

  • pil KB andalan dan trinordiol

  • Dok saya mau tanya soal pil kb,saya sdah kb slma 1 tahun lbih 4 blan ,tpi 1 tahun sblume sya memakai pil andlan kpla sya trasa skit saat sdang haid tpi stelah mnum pil rsa skitnya mlai hlang,trus sya knsutsi k bdan ktanx sya d sruh gnti pil kb skarng sya memakai trnordiol tpi stelah gnti klpa sya ttap tpi gak skit kya wktu pke pil andaln,apakah itu gjla pnykit ?

    Trus sya mau tnya apkah mengnkan pil kb seblum melhirkan itu mnyebabkan kndungan kering ?

    Hai, Pil KB Andalan dan Trinordiol keduanya merupakan pil KB kombinasi, yang berarti mengandung 2 jenis hormon  yang mengatur reproduksi wanita yaitu estrogen dan progesteron ataupun turunannya. Kedua merk pil KB ini memiliki kandungan yang persis sama, yaitu :

    • Ethynilestradiol - turunan estrogen
    • Levonorgestrel - turunan progesteron
    Sakit kepala merupakan keluhan yang sering dialami wanita terutama menjelang masa menstruasi, maupun pada saat menstruasi. Hal ini terjadi karena hormon-hormon tersebut mempengaruhi sinyal kimiawi di otak yang mempengaruhi terjadinya rasa sakit pada kepala. Jenis sakit kepala yang umumnya dirasakan adalah migrain. Penderita migrain umumnya mengeluhkan rasa sakit yang hebat pada satu sisi kepala. Namun untuk menentukan secara pasti apakah benar sakit kepala yang Anda rasakan dipengaruhi oleh hormon ataukah ada sebab lain, sebaiknya Anda menemui dokter secara langsung. Dokter akan menanyakan riwayat dengan lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan medis lain yang diperlukan. Untuk membantu mengatasi keluhan yang Anda rasakan berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan :
    • kompres dingin pada area kepala / leher yang dirasa nyeri
    • lakukan olahraga relaksasi, seperti yoga
    • konsumsi obat pereda rasa nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • konsultasikan ke dokter untuk kemungkinan merubah pil KB yang dikonsumsi; contohnya menjadi pil KB dengan progesteron saja bukan kombinasi, dan lainnya
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.