Tanya Dokter

  • Menggunakan celana yang sama pada penderita sifilis. Dapat terjadi penularan kah ?

  • Dok saya ingin bertanya,kakak saya terkena penyakit sifilis yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana jika kami memakai pakaian yg sama misal kakak saya memakai celana yang dia pakai seharian lalu saya memakai celana tsb tanpa sepengetauan saya apakah saya akan terjangkit,bila benar bagaimana tindakan yg saya harus tangani terlebih dahulu misalnya dengan mencuci celana tadi dengan rendaman air panas?

    Hai Irwanda, terima kasih atas pertanyaannya

    Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual dari orang yang menderita sifilis ke orang yang sehat. Selain melalui hubungan seksual, sifilis juga bisa ditularkan melalui cairan tubuh misalnya darah. Sehingga penggunaan jarum suntik bergantian dengan orang dengan sifilis dapat juga menularkan bakteri kepada orang yang sehat.

    Namun pada umumnya, infeksi sifilis ditularkan melalui kontak langsung seperti hubungan seksual. Ditambah lagi kuman sifilis tersebut tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia sehingga tidak mungkin ada penularan melalui hal-hal seperti :

    • penggunaan pakaian yang sama
    • menggunakan toilet yang sama
    • menggunakan alat makan dan minum yang sama
    • berenang di kolam yang sama

    Apabila anda memang terinfeksi sifilis, gejala akan timbul paling cepat 3 minggu setelah terinfeksi, baca gejala sifilis untuk mengenali apa saja gejala sifilis tersebut. Serta jangan ragu untuk menemui dokter terdekat apabila Anda merasa mengalami gejala-gejala tersebut. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Anissa Aulia Adjani