Tanya Dokter

  • Tidak mens selama 2 bulan

  • Semenjak sya minum pil KB andalan laktasi sya sering mual, pusing... Dan skrg sdh 2 bulan sya tdk mendapat mens??? Mohon penjelasanx dok!!!!!!!!!!!!

    Hai, Pil KB Andalan Laktasi memiliki kandungan Lynestrenol 0,5 mg. Lynestrenol adalah suatu hormon progestogen, yang memiliki fungsi yang sama dengan hormon progesteron jika masuk ke dalam tubuh. Hormon progesteron memiliki banyak fungsi, diantaranya berperan dalam mengatur siklus menstruasi pada wanita. Perubahan pada siklus menstruasi yang dapat terjadi diantaranya adalah :

    1. Menstruasi berhenti
    2. Menstruasi menjadi lebih sedikit
    3. Menstruasi menjadi tidak teratur
    Selain itu, penggunaan pil KB juga sering menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Berikut merupakan beberapa efek samping yang sering dikeluhkan muncul :
    1. Mual
    2. Sakit kepala
    3. Rasa tidak nyaman pada payudara
    4. Perubahan suasana hati yang terus menerus
    5. Peningkatan berat badan
    6. Gairah seks yang menurun
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai kontrasepsi dan efek samping yang dapat ditimbukannya, Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/memilih-alat-kontrasepsi http://www.alodokter.com/ingin-tahu-efek-samping-pil-kb   Walapun tidak menstruasi merupakan salah satu efek samping yang dapat timbul akibat konsumsi pil KB, namun kondisi tidak menstruasi juga dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan berikut :
    • Hamil
    • Sedang menyusui
    • Perubahan pola makan
    • Berolahraga terlalu berat dan sering
    • gangguan rahim
    • gangguan pada kandung telur (ovarium), seperti sindrom ovarium polisistik
    • gangguan pada hipotalamus dan kelenjar tiroid
    • daan lainnya
    Oleh sebab itu sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri secara langsung ke dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan medis lain secara langsung untuk mengeliminasi adanya kemungkinan penyebab lain. Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.