Tanya Dokter

  • Apakah saya menderita varises?

  • siang dok,saya mau bertanya.pada bagian belakang lutut di atas betis ada urat saraf berwarna biru dan ungu,tapi tidak menonjol.kemudian pada bagian kaki(atas) dan tangan saya juga terdapat urut saraf berwarna biru saja,tapi tidak gatal dan nyeri.hanya saja karena posisi berdiri terlalu lama. pada bagian kaki agak pegal juga sih dok ?apakah itu termasuk varises,mohon dok solusinya...!

    Halo,   Mengetahui Anda terkena varises atau tidak bisa dilakukan dengan dengan pemeriksaan kasat mata saja, pada umumnya akan terlihat pelebaran/ penonjolan pembuluh darah yang berwarna kebiruan dan kadang berpilin pada daerah tertentu, dan bisa juga terjadi penonjolan dari vena ini yang akan bertambah jelas jika penderita berdiri. Maka dari itu dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung mengenai keluhan yang Anda alami. Varises adalah kondisi pembuluh darah vena terutama kaki yang mengalami pelebaran akibat kerusakan pada katupnya akibat aliran darah balik yang mengalami kerusakan. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor antara lain adalah :

    1. Genetik.
    2. Berdiri terlalu lama tanpa melakukan stretching atau aktivitas (berdiri diam)
    3. Obesitas/ Kegemukan.
    4. Kehamilan.
    5. dll.
    Ciri ciri varises antara lain adalah :
    1. Penonjolan / Pelebaran pembuluh darah kaki yang berwarna kebiruan /kehijauan dan menjadi jelas dan kasat mata.
    2. Pegal pada kaki yang mengalami pelebaran/ penonjolan tersebut.
    3. rasa gatal pada daerah yang menonjol.
    Beberapa metode penanganan varises yang bisa dilakukan adalah :
    1. Penggunaan stoking khusus (bebat kompresi) yang bisa Anda beli di toko alat kesehatan dan RS.
    2. Injeksi sklerosan pada vena yang menonjol
    3. Laser.
    4. Bedah varises (phlebectomi).
    Untuk penanganan 2-4 dibutuhkan tenaga medis terlatih yang bersertifikasi dan berkompeten dalam melakukan bidangnya seperti dokter bedah dll. Hindari berdiri diam terlalu lama, istirahatkan kaki Anda dengan berbaring sambil meluruskan kaki Anda (jangan ditekuk)  untuk mengurangi resiko semakin parahnya keluhan varises Anda. Baca topik Varises. Semoga membantu.   dr. Yusi