Tanya Dokter

  • terapi gagal ginjal selain hemodialisa

  • siang.. saya mau tanya nih dok, apa terapi gagal ginjal selain hemodialisa ?? kemudian, apakah terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan teh dapat menyebabkan gagal ginjal?

    mohon dijawab dok, terimakasih

    Hai,   Terapi gagal ginjal ditentukan dari seberapa parah kondisi gagal ginjal tersebut. Dan pengobatan tidak berdiri sendiri tapi meliputi banyak faktor sebagai kesatuan yang diperlukan untuk menunjang fungsi ginjal yang masih ada. Pengobatan gagal ginjal meliputi :

    1. Obat obatan penunjang
    2. Perubahan pola hidup = mengurangi berat badan, olahraga teratur, tidak merokok dan minum alkohol, kurangi intake garam, dll
    3. Diet gagal ginjal = diet rendah potasium, rendah lemak, rendah protein.
    4. Hemodialisa
    5. Transplantasi ginjal.
    Penyakit gagal ginjal tidak bisa disembuhkan secara sempurna. Namun Anda bisa mempertahankan fungsi ginjal Anda supaya tidak menurun terlalu cepat dengan pengobatan yang ada. Pada kasus gagal ginjal permanen, terapi yang digunakan selain hemodialisa adalah transplantasi ginjal. Hingga saat ini tidak ada bukti yang valid bahwa mengkonsumsi teh dan kopi akan menyebabkan gagal ginjal. Namun jika sudah terkena gagal ginjal maka konsumsi teh dan kopi sebaiknya dikurangi/ tidak dikonsumsi sama sekali karena  kandungan cafein pada kopi dan teh bisa membuat kondisi gagal ginjal semakin parah. http://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis/pengobatan   Gagal ginjal pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu :
    1. gagal ginjal akut
    2. gagal ginjal kronis
    Gagal ginjal Akut (GGA) adalah suatu kondisi dimana ginjal kehilangan fungsi untuk menyaring sisa produk/ toxin dari darah . Gagal ginjal akut terjadi mendadak dan memburuk dengan cepat dalam hitungan hari. Gejala GGA adalah :
    1. Urine sedikit
    2. Lemah
    3. Bengkak di kaki
    4. Mual
    5. Nafas terasa pendek dan sesak
    6. dll
    Pada beberapa kasus GGA, fungsi ginjal bisa kembali normal dengan pengobatan yang cepat dan adekuat. Pengobatan GGA adalah menangani penyebab timbulnya GGA. Adapun Penyebab GGA adalah :
    1. Dehidrasi parah
    2. Luka bakar parah dan luas
    3. Penggunaan AINS yang lama
    4. banyak kehilangan darah
    5. shock hipovolemik
    6. Infeksi ginjal
    7. Peradangan pada ginjal
    8. Batu ginjal
    9. alkohol
    10. Narkoba
    11. Sumbatan pada saluran kencing lain seperti pembesaran prostat, Kanker kandung kemih dll
    12. dll.
    Penanganan akan diberikan pada penyebab GGA sekaligus memperbaiki kondisi ginjal yang mengalami penurunan. Sementara pada Gagal Ginjal Kronis (GGK) penyebab utamanya adalah diabetes dan hipertensi sehingga penanganan meliputi pengobatan terhadap hipertensi / diabetes dan menunjang sisa fungsi ginjal yang masih ada dengan hemodialisa dan perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup meliputi :
    1. hindari alkohol
    2. istirahat cukup
    3. olahraga teratur
    4. diet rendah protein
    5. diet rendah lemak/kolesterol
    6. batasi berat badan
    7. diet rendah potasium
    8. dll
    http://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis/   Semoga bermanfaat.     dr. Yusi