Tanya Dokter

  • Pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan GERD

  • selamat sore dokter....sy mau bertanya lagi nih.

    Sy di diagnosa dokter menderita GERD , sampai sekarang sudah lebih 1 bulan dan masih berobat jalan, dan konsumsi obat dari dokter.  Yang saya mau tanyakan:

    1. Bolehkah saya menkonsumsi minyak ikan (seperti Scot emulsion), apa ada pengaruh bagi penyakit saya nantinya.

    2. Apa GERD ini susah disembuhkan ya dok,.. kalaupun sembuh biasanya butuh waktu berapa lama....(soalnya sudah 1 bulan ini sy konsumsi obat kimia terus, saya takut efek sampingya dok...)

    3. Apa tips untuk cepat sembuh dari GERD ini.....sekarang ini sy sangat menjaga pola makan dok..

    terima-kasih atas penjelasannya dokter... salam!!!

    Hai,   Boleh. Anda diperbolehkan minum vitamin seperti minyak ikan (scott emultion). Vitamin ini tidak akan menimbulkan komplikasi pada penyakit Anda asalkan diminum sesuai aturan. Penanganan GERD tergantung dari kondisi masing masing pasien. Penanganan meliputi perubahan pola makan, obat -obatan hingga operasi tergantung dari keparahan penyakit. Selama Anda mengkonsumsi obat sesuai anjuran dan rajin kontrol ke dokter, seharusnya tidak akan timbul reaksi merugikan dari obat Anda. Beberapa tips untuk mengurangi gejala GERD yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. Menurunkan berat badan ke berat ideal.
    2. Menghindari makanan seperti kopi, coklat, alkohol, tomat,dan makanan berlemak.
    3. Hindari berbaring / makan sesaat setelah makan
    4. Posisikan kepala danpunggung atas sedikit lebih tinggi saat tidur
    5. Berhenti merokok
    6. Makan dengan porsi kecil tapi sering
    7. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat
    8. Menghentikan obat yang bisa memicu kenaikan asam lambung
    9. Hindari stress
    10. Istirahat cukup
    11. Olahraga teratur.
      GERD merupakan sutu penyakit yang timbul karena terjadinya kelemahan pada otot di kerongkongan bawah Anda sehingga menyebabkan asam lambung bisa naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala sensasi seperti panas dan terbakar pada dada dan kerongkongan. Baca artikel GERD lengkap di SINI. Penyebab timbulnya kelemahan ini bervariasi antara lain :
    1. Obesitas
    2. Makanan berlemak
    3. coklat, kopi, tomat, alkohol
    4. rokok
    5. kondisi hamil
    6. terjadinya hernia
    7. Stress
    8. diabetes
    9. Obat-obatan
    Pengoban bisa meliputi pengobatan dengan diri sendiri, obat obatan kimia dan tindakan operasi. Obat obatan kimia yang biasa digunakan pada penderita GERD adalah :
    1. Antasida
    2. PPI ( Proton Pump Inhibitor) seperti lanzoprazol, Omeprazol dll
    3. Penghambat reseptor H2 seperti ranitidin dll
    4. Obat prokinetik untuk mempercepat pengosongan lambung seperti domperidon
    Obat diatas membutuhkan resep dokter untuk menyesuaikan dosis yang tepat dan lama terpai yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Tindakan operatif akan dipertimbangkan jika pengobatan sendiri dan obat dokter tidak memberikan hasil yang signifikan pada gejala pasien. Operasi dilakukan untuk memperkuat bagian otot yang lemah pada kerongkongan sehingga menjadi kuat dan mencegah naiknya asam lambung.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Sapurllah Sapur  M Ferry
    Anggota

    pengobatan dengan diri sendiri maksudnya APA ya dok ?

    Sapurllah Sapur  Ziya Ziyara
    Anggota

    Salam sehat pak sapurlah dan pak M Fery, Gerd adalah gangguan pencernaan berupa naiknya asam lambung ke dada hingga kekerongkongan, seebabnyan panas, nyerid an perih bila tidak segerad i atasi di khawatirkan adanya pembakaran di bagiankerongkongan dans ebabkan luuka. Untuk pengobatan gerd sendiri baiknya hindari obat kimia selain bukan menyembuhkan tapi hanya meredakan, ada baiknya lakukan dengan obat gerd herbal . Semoga membantu dan semoga lekas smeebuh :)