Tanya Dokter

  • terapi panas untuk sistem pernapasan

  •  aimee
    Anggota

    saya ingin bertanya, saya mengetahui bahwa ada cara terapi untuk penyembuhan penyakit salah satunya adalah terapi panas (heat theraphy)

    pertanyaan saya, apakah heat theraphy ini baik untuk penyembuhan penyakit sistem pernapasan seperti sinus atau asma? adakah kerugian dari pengunaan terapi tersebut terutama untuk sistem pernapasan?

    terima kasih

    aimee  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Aimee,

    Heat therapy atau terapi panas adalah terapi penyembuhan dengan menggunakan panas yang bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri, mengurangi bengkak, meredakan otot yang kaku, dan meningkatkan aliran darah.

    Panas memiliki efek vasodilatasi yaitu melebarkan pembuluh darah sehingga diharapkan dapat memperbaiki aliran darah namun perlu dihindari penggunaannya pada pendarahan aktif (karena dapat memperbanyak darah yang keluar). Selain itu panas yang terlalu tinggi dapat merusak jaringan apabila tidak dilakukan dengan metode yang benar.

    Penatalaksanaan atau terapi terhadap suatu penyakit harus didasari oleh suatu diagnosis berdasarkan konsultasi, pemeriksaan fisik maupun tes medis dari dokter sehingga disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai suatu terapi.

    Mengenai sinusitis dan asma serta pengobatannya anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/sinusitis http://www.alodokter.com/asma

    Untuk  meredakan nyeri pada sinusitis, Anda dapat menggunakan kompres hangat (bukan panas) pada kening, daerah sekitar mata dan pipi. Apabila gejala masih berlanjut dalam 10-14 hari Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

    Sedangkan penggunaan terapi panas pada penderita asma masih merupakan pro dan kontra karena efek jangka panjangnya masih belum diketahui.

    Anda dapat membacanya pada halaman berikut : http://www.webmd.boots.com/asthma/news/20120125/safety-doubts-over-asthma-heat-treatment

    Semoga bermanfaat, Dr Liyadi

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.