Tanya Dokter

  • Vagina terasa panas saat hamil

  • Mlem dok...dok saya skrang sedang hamil 4 bulan... Kemaren sy merasakan panas di atas miss v tp cuma satu hari.itu karena apa ya dok ? Apakah tidak berpengaruh pada janin?skedar info,dlunya pas awal nikah sy punya riwayat infeksi saluran kemih dok....terima kasih sebelumnya...

    Halo,   Saat kehamilan organ intim atau vagina memang mendapat banyak aliran pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan rasa hangat atau berubahnya warna vagina menjadi lebih merah akibat pelebaran pembuluh darah tersebut. Jika Anda sangat khawatir, Anda bisa memeriksakan kehamilan Anda ke dokter kandungan dan melakukan tes urin serta USG untuk memastikan keamanan janin dalam kandungan Anda. Rasa panas yang Anda keluhkan bisa disebabkan karena :

    • Infeksi saluran kemih.
    • Iritasi vagina akibat sabun, kondom, dll.
    • Penggunaan celana yang terlalu ketat
    • dll.
    Perbanyak minum air putih, serta jaga kebersihan organ intim Anda dengan baik untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ intim Anda dan saluran kemih. Anda juga bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti :
    1. Hindari kebiasaan menahan pipis.
    2. gunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat.
    3. lap kering organ intim sehabis BAB/ BAK.
    Jika keluhan rasa panas timbul kembali dan disertai keluhan lain seperti demam, nyri saat BAK dll maka segera obati ke dokter agar tidak mengganggu kehamilan Anda. Baca diskusi mengenai Infeksi saluran kemih atau bukan? Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.