Tanya Dokter

  • Penyebab kepala hingga wajah terasa panas

  • siang dok, Saya mau tanya Ayah saya pernah kecelakaan motor 2 tahun lalu , Akibatnya Ada Yg perlu dijahit didekat Atas Bagian alis tepatnya di Dahi dekat alis Mata, nah sekrng Kalau sudah terkena Panas Ataupun tdk Bapak saya sdh merasa Bagian Kepala sampai mukanya panas , itu kenapa dan Bgaimna Tindaklanjutnya dok. terima kasih.

    Halo Vanny, 

    Perlu diperiksa lebih lanjut apakah memang keluhan ayah Vanny diakibatkan oleh luka di masa lalu ataupun karena kondisi medis lain. Rasa panas yang timbul intens dan tanpa rangsangan panas dari luar disebut dengan hot flashes. Sering terjadi pada wanita yang menopause, tetapi bisa juga terjadi pada pria. Sebab hot flashes diantaranya adalah gangguan hormonal, stress, depresi, kecemasan, gangguan saraf, atau hal lain. 

    Selain itu, perlu juga dilihat apakah rasa panas ini disertai dengan kemerahan atau gatal atau gejala lain di luar wajah. Mungkin saja penyebabnya adalah iritasi, infeksi, atau terbakar sinar matahari. Karena penyebabnya cukup luas, sebaiknya ayah Anda memeriksakan diri pada dokter untuk keluhan tersebut. Dokter akan memeriksa ayah Anda dengan tanya jawab medis, pemeriksaan fisik dan wajah ayah Anda, juga melakukan pemeriksaan penunjang misalnya pemeriksaan darah. 

    Semoga bermanfaat, 

    dr. Mega