Tanya Dokter

  • Sering terbangun tengah malam

  •  Wenni Fatma
    Anggota

    Selamat pagi dok,

    Saya wenni , umur saya 21 tahun , saya punya keluhan hampir setiap malam saya terbangun tengah  malam, saya bisa tidur jam 10 malam. tapi sering terbangun jam 12 ke atas, itu masalah nya apa ya dok ? saya sakit apa ya dok ?

    Wenni Fatma  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Wenni, Apa yang anda alami masih termasuk ke dalam ketegori insomnia, yang dapat berupa : 1. Kesulitan untuk masuk tiduk, ataupun dapat masuk tapi sulit mempertahankan tidur, atau keduanya 2. Gangguan ini terjadi setidaknya 3 kali seminggu dan sudah berlangsung setidaknya sebulan 3. Rasa ketidakpuasan terhadap kualitas tidur 4. Adanya preokupasi (terpakunya pikiran) terhadap masalah tidak bisa tidur ini Perlu dicatat bahwa pada kebanyakan kasus gangguan itdur, termasuk insomnia, terdapat penyakit/gangguan yang mendasarinya, baik mental ataupun fisik. 1. Jika yang mendasarinya masalah fisikh   (misal, nyeri, tumor, gangguan metabolik, parkinson, alzeimer, dsb) maka disebut insomnia organik. 2.  Jika tidak ada masalah fisik,tetapi didasari masalah psikis/mental (misal depresi, gangguan cemas) disebut insomnia non organik   (seperti yang mungkin anda alami) Jika gangguan ini sangat mengganggu, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter umum. Jika perlu, dokter akan merujuk anda ke spesialis, karena spesialis rujukan dapat ke ahli penyakit dalam, ahli saraf, ataupun ahli ilmu kejiwaan dan bahkan ke klinik gangguan tidur, tergantung kecurigaan atas penyebab yang mendasari insomnia tersebut. Dokter akan banyak menanyai anda, dan melakukan pemeriksan fisik umum serta penunjang secara selektif sesuai indikasi (pemeriksaan lab darah, CT scan, dsb untuk mencari penyebab fisik--jika dicurigai dan jika memang ada) Penanganan sangat tergantung penyebabnya. Obat tidur akan diresepkan jika benar2 perlu, karena ia hanya akan membantu anda tidur, tetapi tidak menyelesaikan masalahnya. Jika penyebabnya adalah suatu masalah fisik/organik maka masalah tersebut harus diatasi. Demikian juga jika yang mendasari adalah masalah mental seperti cemas atau depresi, maka kunjungan ke ahli jiwa dapat membantu dimana biasanya anda akan menjalani CBT / terapi kognitif perilaku. Upaya lain yang dapat anda lakukan : 1. HIndari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan soda serta hindari rokok dan alkohol 2. Olahraga teratur 3. Aktifitas relaksasi seperti yoga dan meditasi 4. Ruang tidur nyaman, hindari lampu manyala dan suara bising saat tidur 5. Jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur 6. Berfikir positif Berikut diskusi mengenai insomnia, menyiasati insomnia mmengungkap mitos insomnia Penyebab insomnia , pengobatan insomnia Demikian yang dapat saya jawab. semoga membantu. Salam, dr. Rico Novyanto  

    Wenni Fatma  wilshiremargot
    Anggota

    Dok, saya margot umur 21 th, mau tanya akhir2 ini saya merasa kehausan yang berlebihan di malam hari dan bezer terus, akibatnya jadi sulit tidur, saya padahal tdk memikirkan apa2. mohon bantuan dok, makasih.