Tanya Dokter

  • Benturan yang menyebabkan sakit kepala hebat hingga menjalar ke leher dan dada

  •  vania
    Anggota

    Dok, saya kemarin baru kecelakaan dan kepala belakang saya kebentur kuat ke aspal, saya langsung di bawa ke ugd kecil cuman tidak ada penanganan dari dokternya. saya cuman dikasih obat yang bikin bau kencing saya menyengat. Malam itu saya pulang ke rumah, kepala saya masih sakit banget dan pelan-pelan reda. Keesokan hari, leher saya sakit banget dan kepala saya makin sakit gak bisa tidur terlentang harus miring. Saya gak ada mual atau muntah. Sekarang dada saya mulai sakit juga jadi dari atas sampai dada saya sakit sekarang mau bangun dan tidur itu kerasa banget sakitnya dari atas sampai dada. Ini kenapa ya dok? Saya kemarin baru makan obat cina, lumayan mahal sampai jutaan jadi saya takut untuk beritahu orang tua saya karena saya kasihan liatnya buat mereka khawatir aja.

    Halo,   Apakah Anda mengenakan helm/ pelindung kepala? Nyeri yang Anda rasakan bisa jadi merupakan gangguan akibat trauma kepala belakang yang terjadi pada Anda. Trauma kepala belakang bisa menyebabkan gangguan dibawah ini  :

    1. Gegar otak.
    2. Perdarahan pada kulit kepala (benjol)
    3. Perdarahan otak
    4. gangguan penglihatan.
    5. dll.
    Sehingga pemeriksaan dan penanganan trauma kepala memerlukan pengawasan secara cermat 2x24 jam paska kejadian untuk menghindari komplikasi trauma kepala yang berbahaya. Rasa nyeri yang Anda rasakan bisa terjadi akibat :
    1. Gangguan otot akibat benturan kepala.
    2. Whiplash injury.
    3. Benjol.
    4. Trauma dada
    5. dll.
    Untuk meredakan rasa nyeri Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :
    1. Mengompres hangat pada bagian leher dan dada/ tempat yang nyeri.
    2. Mandi air hangat.
    3. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    Jika nyeri berlanjut disertai adanya gangguan penglihatan, mual-muntah, sakit kepala berat, penurunan kesadaran dll maka segera hubungi dokter. Dokter akan memeriksa Anda dan melakukan tes medis seperti CT SCAN dan MRI jika perlu. Hindari memijit bagian kepala yang terbentur. Jika rasa nyeri masih terasa Anda bisa mengompres dingin kepala yang terbentur. Baca topik Trauma kepala. Semoga membantu.   dr. Yusi

    vania  vania
    Anggota

    Saya tidak menggunakan helm dok