Tanya Dokter

  • Terinfeksi di bagian dekat anus

  •  Dayat idung
    Anggota
    Dok, saya punya penyakit terinfeksi di bagian dekat anus tapi bukan di pinggir anus nya dok, timbul benjolan gitu, dulu nya aku kira bisul, pas aku periksa ke dokter aku terinfeksi terus aku di kasih obat, gk lama kemudian pecah dok keluar darah segar alhamdulilah sembuh, pas lama kelamaan dok timbul lagi benjolan nya kadang selalu keluar nanah dan darah tapi benjolan nya kecil dok, kira2 apa dok obat penyakit saya ini Terimakash.

    Halo Dayat, 

    Infeksi bakteri yang disertai dengan pembentukan kantong berisi nanah di sekitar anus disebut abses perianal. Sebaiknya kondisi ini tidak dianggap sepele. Bila tidak ditangani dengan baik, abses yang pecah secara spontan (tanpa operasi) bisa mengalami perluasan dan membentuk hubungan langsung dengan anus. Kondisi ini disebut sebagai fistula ani, dimana sekalipun infeksi telah teratasi namun lubang penghubung tersebut akan terus mengeluarkan cairan sehingga mengganggu kualitas hidup penderitanya.

    Untuk mencegahnya berulang, maka tiap abses harus ditangani dengan baik. Penanganan umumnya dengan pembedahan untuk membuat jalan untuk keluarnya nanah. Selanjutnya, diikuti dengan prosedur pembersihan jaringan mati (nekrotik). Penutupan luka dilakukan setelah abses kering (tidak bernanh). Di samping perawatan luka secara langsung, dokter juga akan meresepkan obat minum, yang terdiri dari golongan antibiotik dan antinyeri.

    Sambil menunggu pemeriksaan dan pengobatan dokter, sebaiknya Anda :

    • menjaga kebersihan area sekitar anus
    • hindari menyentuh/ memencet benjolan tersebut
    • bila benjolan terasa nyeri, sebaiknya mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen

    Silahkan baca topik diskusi tentang mengatasi abses perianal

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili