Tanya Dokter

  • Leher pegal sampai bokong

  •  swuland
    Anggota

    Dok, izinkan saya untuk bertanya. Saya wanita berumur 23 tahun, selalu bekerja di depan komputer. Saya menderita cervical spondylosis menurut dokter di rumah sakit. Leher saya selalu pegal dan sakit sampai punggung, melebar ke tangan dan jari-jari, saat ingin tidur pegalnya makin terasa. Selain itu, kepala sering sakit hingga berhari-hari. Saya telah menjalani serangkaian fisioterapi hingga kurang lebih 20 kali dan terkadang mendapat obat, tetapi sampai sekarang tidak ada kemajuan. Akhirnya, saat ini saya memutuskan untuk berhenti terapi dan obat, dan melakukan olahraga seperti berenang dll. Apakah ada cara lain untuk mengobati penyakit ini, seperti pijat atau bekam, Dok? Dan apakah penyakit ini dapat sembuh total? Terima kasih sebelumnya.

    Halo swuland, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Cervical spondylosis dapat terjadi karena adanya kerusakan pada sendi antara tulang belakang di bagian leher yang biasanya terkait dengan usia. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya cervical spondylosis antara lain:

    1. pertumbuhan tulang kecil-kecil pada sendi antara tulang belakang (bone spur)
    2. keringnya cairan antara diskus sendi tulang belakang 
    3. herniasi diskus atau penonjolan diskus sendi menekan saraf tulang belakang
    4. cedera pada tulang belakang

     

    Terapi yang biasanya disarankan untuk penderita cervical spondylosis antara lain:

    1. penggunaan obat-obatan seperti obat antiinflamasi non steroid, kortikosteroid, relaksan otot, obat anti-kejang, obat antidepresan, obat antinyeri narkotik
    2. penyuntikan obat antinyeri dan steroid pada sendi tulang belakang
    3. fisioterapi
    4. penggunaan penyanggah leher (neck braces/neck collar)
    5. kompres bagian leher dengan kompres hangat atau dingin
    6. olahraga secara rutin
    7. operasi

     

    Tujuan pengoabtan cervical spondylosis adalah untuk mengurangi gejala-gejala yang terjadi dan mengurangi nyeri. Kondisi cervical spondylosis sendiri tidak dapat sembuh secara total. Melakukan bekam, terlebih melakukan pijat sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan pada tulang yang semakin berat.

    Bila anda tidak menunjukkan perbaikan gejala dengan terapi yang diberikan oleh dokter anda, anda dapat berkonsultasi dan menyampaikan keluhan anda pada dokter anda. Dokter anda dapat menyarankan terapi lain seperti suntik obat di sendi tulang belakang ataupun operasi bila memang terdapat kerusakan berat pada tulang belakang anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia