Tanya Dokter

  • Terkait sediaan CDR

  •  Yantik Vitria
    Anggota
    Selamat pagi dok maaf sya mau tanya terkait sediaan effervescent pd tab cdr, komposisi cdr kan ada kandungan kalsium dan vit. C nah sy minta penjelsan sediaan tsb mengandung gas Co2 (bersoda) yg bisa mengakibatkan pengeroposan tulang utk jgka pnjg nah bgmna dgn indikasi kalsium itu sndri yg dgnkn untk prtmbuhan tulang mohon pencerahannya dok Terimakasih
    Yantik Vitria  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Yantik,

    Sedian obat beragam seperti kapsul, tablet, kaplet, syrup, puyer dan lainnya seperti pada suplement vitamin seperti yang Anda sebutkan merupakan suplemen dengan sediaan tablet effervecent dimana tablet ini sebagai bentuk sediaan yang menghasilkan gelembung gas sebagai hasil reaksi kimai dalam larutan yang umumnya dihasilkan oleh karbondioksida (CO2).

    Keuntungan dari sediaan ini adalah tablet dengan penyiapan bahan dapat mengandung dosis yang tepat setelah diseduh tetapi kergiannya adalah dapat dipengaruhi udara dan kelembapan agar sediaan tetap stabil sehingga disimpan dalam kemasan kedap udara dan dilapisi lembaran alumunium.

    Keuntungan dari tablet ini karena karbondioksida yang dihasilkan dari reaksi antara natrium bikarbonat dan asam sitrat adalah memberi rasa yang enak dan memperbaiki rasa pada beberapa obat tertentu.

    Minuman bersoda berisiko menyebabkan pengeroposan tulang karena kandungan asam fosfat yang cukup tinggi yang mengganggu tubuh dalam upaya menyerap kalsium. Tetapi asam fosfat tidak ditemukan dari hasil karbonisasi tablet effervesent yang rumus kimianya:

    H3C6H507.H20 + 3 NAHCO3 menghasilkan Na3C6H507 + 4H20 + 3CO2 atau asam sitrat + natrium karbonat menghasilkan natrium sitrat + air + karbondioksida.

    Jika memang ragu dengan sedian tablet effervescent Anda dapat memilih sediaan multivitamin lainnya misalnya kapsul, atau tablet ataupun pilihan makanan yang banyak mengandung mineral, vitamin dan zat lain yang diperlukan tubuh seperti mengonsumsi air secara cukup, sayur-sayuran dan buah-buahan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.