Tanya Dokter

  • Terkena cacar air, sakit kepala, dan nyeri dari dada sampai pinggang

  •  Didin
    Anggota

    Dok, saya remaja berusia 19th. Baru pertama kali terkena cacar air, pada hari rabu malam saya baru sampai perjalanan jauh, dan kepala saya pusing, besoknya badan saya mulai panas, dan pada hari kamis malam saya mulai demam ,sakit kepala dan mulai terkena cacar air, lalu saya minum parasetamol dan amoxcilin, pada hari jumat saya sudah mulai baikan tapi cacar air mulai banyak, disertai sakit pada dada sampai pinggang bawah serta sesak nafas. Apa yang harus saya lakukan dok?

    Didin  Didin
    Anggota

    Jumat malem ini saya mulai panas dan sakit kepala lagi dok

    Hai Didin Gejala cacar air adalah panas/demam  sekitar 1-2 hari dan dilanjutkan munculnya bintik kemerahan yang melenting jernih berisi air biasanya dimulai pada daerah badan seperti dada dan punggung lalu menyebar keseluruh tubuh. Melenting ini dapat disertai rasa gatal, namun sebaiknya tidak menggaruknya karena bila melenting pecah dapat berpotensi terjadinya infeksi bakteri sehingga penyembuhan luka bekas cacar lebih lama. Untuk memastikan cacar air atau tidak diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Pengobatan cacar air bukanlah dengan antibiotik karena penyebab dari cacar air adalah virus varicella zooster dan tidak akan mempan dengan pengobatan antibiotik kecuali bila ada infeksi sekunder oleh bakteri. Berikut penanganan cacar air adalah:

    • Istirahat total dirumah dan untuk sementara kamar terpisah agar tidak terjadi penularan pada seseorang yang belum terkena cacar
    • Makan makanan bergizi, seperti sayuran dan buah. Banyak konsumsi air putih
    • Mengkonsumsi obat pereda demam seperti paracetamol
    • Bila memang dipastikan cacar air oleh dokter, maka obat yang diberikan biasanya berupa obat asiklovir melalui minum atau salep/oles untuk bintik merah yang melenting.
    Penyakit cacar air biasanya akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat. Pada cacar air yang terkena pada usia dewasa biasanya lebih berat dibanding saat anak, sebaiknya Anda ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Berikut informasi mengenai cacar air dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Cacar air. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william