Tanya Dokter

  • Cara mencegah saluran darah pada organ intim terplintir

  • Selamat siang dok, saya mau bertanya sebulan lalu saluran darah untuk memasok buah zakar saya kata dokter keplintir jadi tidak bisa memasok darah ke zakar akibatnya saya merasakan sakit luar biasa. Nah cara menghindari agar tidak terplintir lagi gimana ya? saya takut kalau terjadi lagi.

    Abdul Latief Choiruddin  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Abdul, Kondisi saluran darah buah zakar terpuntir kemungkinan merupakan torsio testis. Torsio testis adalah terpuntirnya saluranb funiculus spermatikus pada testis yang menyebabkan hambatan baliran darah. Gejala torsio testis yaitu nyeri hebat, buah zakar bengkak, mual, muntah, nyeri kepala, dll. Torsio testis terjadi pada testis yang bisa bergerak bebas misalnya karena variasi anatomis, pergerakan berlebihan pada testis, perubahan suhu mendadak, olahraga berlebihan, batuk keras, ketakutan, kecemasan, mengejan keras, celana ketat, trauma / cedera pada testis, dll. Penanganan torsio testis adalah dengan operasi. Saat operasi akan dilakukan penilaian apakah testis masih bisa diselamatkan atau tidak. Jika masih bisa diselamatkan maka akan dilakukan tindakan orkidopeksi yaitu fiksasi testis agar testis tidak terpuntir kembali. Seringkali saat operasi juga dilakukan tindakan pencegahan dengan melakukan orkidopeksi pada testis yang sehat agar kedepan tidak terulang torsio testis lagi. Anda bisa bertanya pada dokter yang merawat Anda tindakan apa saja yang dilakukan saat operasi sebelumnya dan kemungkinan kekambuhan torsio testis selanjutnya. Jika sudah dilakukan orkidopeksi kemungkinan torsio testis sudah dicegah agar tidak kambuh. Selain itu Anda bisa menjaga kesehatan testis sebagai berikut:

    • Hindari celana ketat
    • Gunakan ce;ana dalam yang nyaman dan longgar
    • Hindari berendam di air panas / mandi dengan air yang terlalu panas. Mandi air hangat amsih diperbolehkan
    • Hati-hati saat berolahraga agar tidak terjadi benturan pada testis
    • Hindari batuk dengan keras
    • Hindari mengejan saat BAB
    • Kelola stress dengan baik dan biasakan pola hidup sehat
    Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Torsio testis Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y