Tanya Dokter

  • Apakah kafein dapat mencegah demensia

  •  Syifana
    Anggota
    dok, saya membaca artikel tentang penyegahan demensia / pikun usia muda, salah satunya dengan minum kopi, apakah itu benar...? dan kalau itu benar, terlalu banyak minum kopi apakah bisa mencegah demensia atau malah sebaliknya...?

    Halo Syifana,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Kafein memiliki efek stimulasi jangka pendek yang sangat baik pada sistem saraf pusat, namun dampak jangka panjang pada kemampuan kognitif belum jelas. Penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan antara konsumsi kafein dengan kemunculan demensia masih membuahkan hasil yang kontradiksi. Beberapa peneilitan menyebutkan bahwa kafein dapat mengurangi kejadian demensia tetapi beberapa lainnya tidak menemukan kaitan antara konsumsi kafein dengan demensia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara keduanya. 

    Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa konsumsi kafein berhubungan dengan lebih rendahnya resiko menderita demensia. Namun, penelitian ini memiliki beberapa kelemahan yaitu bahwa konsumsi kafein pada subjek penelitian berdasarkan informasi dari subjek penelitian yang mungkin saja tidak konsisten, tidak adanya pengukuran kadar kafein yang sesungguhnya dalam minuman yang mereka konsumsi (kopi), dan subjek penelitian tidak dapat merepresentasikan populasi umum. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menunjukkan pengaruh kafein terhadap fungsi kognitif jangka panjang.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia