Tanya Dokter

  • Terlalu banyak minum obat kortikosteroid

  • Selamat sore dok, tolong dibaca perlahan ya, apabila dokter tidak sanggup menjawab semua pertanyaan saya dengan jelas dan rapih silahkan serahkan kepada dokter lain, terimakasih banyak.. anda adalah pahlawan saya dan kita semua! Dok apakah saya akan mati ataupun hidup dengan terus mengidap penyakit ini? Dengar-dengar tak bisa disembuhkan dok... saya khawatir memikirkan ini terus sehingga mengganggu aktivitas saya. Saya seorang remaja laki-laki berumur 17 tahun. Sejak pertengahan Maret lalu saya membeli obat gemuk SAMYUN WAN, karena saya ingin gemuk & sangat yakin karena saya cek sendiri di website resmi BPFK sudah terdaftar (BPOM-nya Malaysia). Selain itu saya beli yang benar-benar original. Saya sudah terlanjur minum BANYAK tapi baru belakangan ini saya mempelajari apa itu zat Kortikosteroid & sangat banyak sekali membaca pengalaman orang lain yang meminum obat tersebut mengalami efek samping dari zat kortikosteroid, saya merasa bahwa saya juga mengalami efek samping tersebut meskipun menurut saya tidak semua efek menimpa saya. Aturan minum di produknya ialah 2x1 kapsul sehari. Tapi... >> PERTAMA COBA ORDER 6 BOTOL: KONSUMSI 12 MARET 2017 s/d 24 MARET 2017 = 6 BOTOL 3x3 atau 3x4 KAPSUL SEHARI. Makan jadi kayak orang kesetanan, apa aja dimakan.. sehari bisa 8 porsi plus ngemil. Selama 10 hari itu berat saya naik 6,5KG dari 52,5KG jadi 59KG. Rasanya seneng... tapi muka jadi Moon Face bulet banget. Selama minum saya merasakan iming² badan jadi bugar itu terbukti. Bener-bener fresh badan saya, bangun pagi, pilek pasti sembuh, tiap hari perjalanan jauh capek pas minum obat itu jadi nggak ada rasa lelah. Nah kan 14 hari obatnya sudah habis jadi nggak minum lagi mendadak stop tapi udah seneng jadi gemuk. Setelah berhenti saya mengalami jerawat parah diseluruh tubuh, muka saya yang selalu mulus jadi jerawatan sampai saya mandi belerang buat menghilangkan jerawat dan rasa gatal. Selain itu saya merasakan pegal yang sangat, sendi sakit semua mau berdiri lemes hawanya capek mengantuk terus jadi hobi tidur (saya berfikirnya itu balik lagi ke waktu sebelum minum Samyun Wan, tiap hari pergi jauh capeknya kerasa lagi) sampai saya pijat urut sama langganan saya yang biasanya hilang itu capek tapi ini berkali-kali pijat tetap saja pegal dan sakit sendinya. Di botol-botol terakhir saya mulai melihat selulit dan strecth mark di betis saya ada striae warna merah keunguan, disekujur paha dan bokong saya penuh strecth mark warna putih, dekat ketiak pun muncul strecth mark. Syukur di perut, dada saya nggak muncul strecth mark. Dan soal strecth mark ini saya fikir hanya karena peregangan saya menjadi gemuk mendadak. » AKHIRNYA KETAGIHAN ORDER LAGI 2 BOTOL: KONSUMSI 10 JUNI s/d 16 JUNI = 2 BOTOL 2x3 KAPSUL SEHARI KARENA PUASA. Badan jadi fresh lagi, pegelnya ilang.. tapi cuma 6 hari minum karena belum punya uang buat order lagi.. berat saya naik 2KG dari 59KG jadi 61KG. » MASIH NGGAK PUAS ORDER LAGI 10 BOTOL: KONSUMSI 14 JULI 2017 s/d AKHIR AGUSTUS 2017 = 6,5 BOTOL 3x4 ATAU 3x3 KAPSUL. Order yang terakhir ini awalnya diminum setiap hari kemudian jadi takut kegemukan secara otomatis saya seperti tappering off tapi tidak beraturan/sesuka saya (Saya tappering murni bukan karena sudah tau mengandung steroid). Ketika konsumsi pada sesi ini saya merasa tidak capek lagi karena sebelumnya saya stop minum hampir ssbulan & total naik lagi 4KG dari 61KG jadi 65KG. Masih ada sisa 3,5 botol gak berani minum. Terakhir minum akhir Agustus dan stop sampai sekarang karena udah merasa cukup gemuk (bukan karna tau berbahaya). Dan sedihnya gemuk saya lebih banyak di paha dan bokong, itu menyedihkan.. Coba bayangin dok... berarti total saya minum 14,5 BOTOL x 20 kapsul = SAYA MINUM 290 KAPSUL DOK!! Tapi saya masih merasa lega karna banyak baca artikel orang minum sampai tahunan.. Nah sampai saya menulis tulisan ini masalah jerawat sudah beres, berat turun jadi 62KG tapi ini sudah stabil selama beberapa bulan. Tetapi pegal-pegal, rasa sakit di sendi/pergelangan serta hawa lemas saya masih berasa. Membuat saya malas beraktivitas. Dan sudah 3 minggu ini saya rutin olahraga dengan treadmill dirumah biar rasa lemas dapat hilang meskipun sementara. Namun dok...,, saya merasa akhir-akhir ini jadi gampang depresi... memang sih saya sudah lama gampang galau karena masalah minder.. tapi saya orangnya PD. Namun sekarang rasa PD saya kalah, saya tidak bisa melawan rasa minder saya, saya merasa terpuruk dan seperti khalayak tidak mampu untuk mengatasi stress padahal saya rasa dulu itu saya pintar untuk mengatasi hal tersebut. Saya sekarang sering menyendiri, hawa tak kuat merasa seperti orang paling tidak berguna didunia atau bagaimanalah kadang terfikir untuk mati. Tapi hati saya selalu dalam kondisi sadar dan mengingat Allah SWT dan sadar bahwa saya sedang depresi... hati saya melawan tapi fikiran saya seolah tidak mampu untuk melawan depresi tersebut, padahal biasanya bisa dok. Yang saya takutkan ini juga karena efek kelebihan steroid di tubuh saya. Alhamdulillah saya tidak mengalami kerontokan rambut, penyakit kulit lainnya yang disebabkan kelebihan zat tersebut dll. Saya hanya mengalami moom face (cushing syndrome), jerawat super, pusing pegal lemah letih lesu nyeri sendi saja... Pertanyaannya dok, tolong dijawab satu persatu ya, saya sangat khawatir. 1. Apakah dokter mengenal obat penggemuk SAMYUN WAN? Sepengetahuan dokter apakah itu mengandung kortikosteroid? Namun dari banyaknya kasus yang dialami pengguna obat tersebut saya secara pribadi menyimpulkan bahwa obat tersebut mengandung kortikosteroid. Namun mengapa produk tersebut terdaftar di BPFK (BPOM-nya Malaysia)? 2A. Jika benar yang saya konsumsi mengandung kortikosteroid, itu berarti saya telah mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Apakah dengan berhentinya saya mengkonsumsi obat tersebut, kadar zat steroid berlebih dalam tubuh saya dapat hilang/kembali normal dengan sendirinya? (Dalam arti bisa sembuh seperti sedia kala) 2B. Perlukah periksa ke dokter? Jika diperiksakan ke dokter apakah saya akan mendapat perawatan, obat serta terapi khusus bahkan rawat inap untuk mengatasi zat steroid berlebih dalam tubuh saya? Benarkah dengan uji lab bisa mengetahui kadar steroid dalam tubuh saya? Bagaimana menurut dokter jika saya tidak periksa? 2C. Jika benar bisa sembuh sendiri, kira-kira berapa lama hilangnya zat tersebut jika dilihat dari kasus saya ini yang diduga telah mengkonsumsi banyak steroid? Bila dibawakan ke dokter, berapa lama kira-kira sembuhnya jika dilihat dari kasus saya? 2D. Apakah ada obat penghilang zat steroid sintetis dalam tubuh? 2E. Apakah perlu saya mengkonsumsinya lagi karena saya belum melakukan tappering off dengan benar? Tetapi sudah beberapa bulan saya berhenti konsumsi, saya tidak merasakan samasekali mual, eneg makan dsb, hanya itu tadi pegal, nyeri sendi, letih dan kemungkinan sedikit gangguan mental [?] 2F. Internet mengatakan zat/hormon steroid berlebih dapat membuat peyembuhan luka yang lama. Apakah jika kadar zat steroid saya sudah normal kembali masalah pemyembuhan luka dapat normal kembali? 2G. Katanya bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh lainnya ya dok? Apa yang harus saya lakukan dok? Kemana jalan yang harus saya tempuh mengatasi permasalahan ini dok? 3A. Saya menduga bahwa saya sedang mengalami retensi air karena hormon steroid berlebih. Beberapa bagian tubuh saya rasa itu gemuk air. Bagian paha dan bokong saya besar sedang tangan saya biasa saja. Apakah mungkin menurut dokter gemuk/berat badan yang saya alami adalah karena retensi air? 3B. Jikalau ternyata benar saya mengalami retensi air, apakah jika kandungan zat steroid saya kembali pulih maka retensi air saya pun akan berkurang? Dalam arti berat badan kembali turun. 3C. Kalau retensi air tidak dapat sembuh dengan kembalinya steroid saya di keadaan normal, lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengobati retensi air akibat steroid ini? 4A. Apakah depresi saya menurut 'prakiraan' dokter adalah sebab dari steroid yang saya konsumsi? 4B. Jika Iya, apakah ketika hormon kortikosteroid dalam dubuh saya sudah kembali normal maka gejala gangguang mental tersebut dapat hilang? Atau tidak? Apakah saya perlu berkonsultasi dengan psikater? Solusinya gimana dok..? 5A. Bayang-bayang strecthmark masih menempel di fikiran saya, tolong dok bantu motivasinya.. apakah strecth mark ini berbahaya? 5B. Kok ada yang berwarna merah keunguan dan putih ya dok? Yang garis merah itu timbul dan yang warna putih cekung masuk kedalam seperti bopeng. Bedanya apa ya? 5C. Apakah strecthmark ini benar-benar permanen? Apakah dapat hilang seiring berjalannya waktu? Atau perlu perawatan khusus serta membutuhkan vitamin tertentu? 5D. Apakah selama zat steroid berlebih dalam tubuh saya masih ada, strecthmark tidak akan bisa hilang? Bila strecthmark dapat hilang dengan sendirinya, apa harus hilang dulu zat steroid dalam tubuh saya? dalam kasus saya kira-kira berapa lama hilangnya? 5E. Bisakah strecthmark hilang dengan menggunakan obat? Atau metode lain? Perlukah saya ke dokter kulit untuk masalah ini? 6A. Pegal-pegal, lemas, lesu, letih dan nyeri sendi selalu menghantui kehidupan saya. Apakah saya akan menjalani kehidupan dengan kondisi seperti ini terus dok? Mohon motivasinya.. 6B. Apakah pegal-pegal, nyeri sendi dan rasa lemas tersebut dapat hilang seiring hilangnya kandugan steroid berlebih dalam tubuh saya? Atau.. pegal dan nyeri ini akan terus permanen sampai saya mati? 6C. Apakah solusi terbaik dari dokter dalam masalah pegal dan nyeri sendi saya dikarenakan steroid berlebih? 7. Selama kadar kortikosteriod dalam tubuh saya masih berlebih (saya belum sembuh) apakah jerawat akan terus bermunculan? Dan akan hilang ketika zat steroid dalam tubuh saya kembali normal, benarkah? 8A. Sepengetahuan saya, efek steroid ini dapat menghambat pertumbuhan dan membuat pengeroposan tulang. Dilihat dari kasus saya, mungkinkah hal itu terjadi? Seberapa mungkinkah hal itu terjadi? 8B. Jika iya, berarti kedepannya kalsium yang saya konsumsi hanya untuk memperbaiki tulang yang keropos ya dok? Bukan untuk pertumbuhan? 8C. Jika dilihat dari kasus saya yang terduga telah mengkonsumsi banyak steroid, dan semisal lempeng epifisis saya masih terbuka, apakah saya masih bisa menambah tinggi badan? Mungkin atau mustahil? 9. Saya sekarang jadi mudah berkeringat, nafas pendek, mudah lelah. Itu apakah disebabkan karena badan saya yang gemuk meskipun itu retensi air? Atau karena sekedar efek kortikosteroid berlebih dalam tubuh saya? 10. Terakhir, apakah saya masih bisa kembali kurus? Terutama bokong dan paha saya tidak proporsional gara-gara minum obat yang mengandung steroid itu dok. Bisakah dokter menjelaskan? PENTING: Tolong bantu sarannya ya dok, kalau saya berkonsultasi dengan dokter, apa yang harus dibicarakan & ditanyakan pertamakali dok? Apa saja pertanyaan yang harus saya ajukan? Setelah itu apa kira-kira yang harus saya lakukan? Saya pegang kartu BPJS dok, apakah bisa digunakan untuk perihal seperti ini dan menyelesaikan permasalahan saya? Dengan penuh hormat, saya mengucapkan banyak terimakasih atas informasi dan jawaban dari dokter yang telah disusun rapih dan dapat memotivasi diri saya sehingga dapat terlepas dari beban masalah ini. Semoga bpk/ibu dokter selalu diberikan kesehatan, rejeki yang lancar dan barokah serta umur yang panjang oleh yang kuasa, Amiiin.
    Bambang Lukmanto  Tim Alodokter
    Dokter

    Halo, terima kasih sudah bertanya di Alodokter,

    Di Indonesia, tidak dikenal produk yang Anda sebutkan, produk ini tidak terdaftar dalam BPOM Indonesia, dengan demikian tidak mendapat izin edar yang resmi (untuk diperjualbelikan) di Indonesia karena segi keamanannya yang belum diketahui. Di Malaysia, produk ini tercatat dan terdaftar untuk izin edar di Malaysia dan masuk sebagai produk Suplemen dan herbal, bukan dalam produk Obat, dengan demikian TIDAK diindikasikan untuk pengobatan suatu kondisi medis tertentu. Kandungan dari produk ini sendiri seperti tertera di produknya adalah komponen-komponen herbal, yang belum memiliki dasar penelitian medis yang cukup kuat untuk diindikasikan sebagai pengobatan medis. Tidak tercatat bahwa produk ini mengandung Kortikosteroid, dan untuk mengetahui dan menyatakan bahwa suatu produk mengandung apakah benar mengandung Kortikosteroid atau tidak, membutuhkan uji laboratorium terhadap bahan aktifnya. 

    Produk ini belum diketahui apakah memang mengandung kortikosteroid atau tidak. Selengkapnya mengenai kortikosteroid dapat Anda baca dalam artikel ini. Penggunaan steroid haruslah dengan indikasi dan resep dari Dokter, karena memiliki banyak efek samping yang dapat merugikan terutama penggunaan dalam jangka lama. Masing-masing obat yang masuk dalam tubuh memiliki waktu paruh/waktu eleminasi dari tubuh yang berbeda-beda, demikian juga dengan kortikosteroid. Namun hilangnya suatu obat dari tubuh belum berarti efek dari obat tersebut juga akan menghilang dari tubuh (ada efek reversibel dan ada efek irreversibel).

    JIka Anda sangat khawatir Anda dapat memeriksakan diri ke DOkter bisa dengan Dokter Penyakit Dalam atau dokter Endokrinologi, dengan menceritakan keluhan, riwayat penyakit, riwayat keluarga, dan riwayat penggunaan obat, dari situ DOkter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan laboratorium untuk deteksi Steroid apabila diperlukan secara medis. Hanya dengan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh, baru dapat diketahui apakah memang Anda telah mengkonsumsi steroid, dan apakah memang steroid itu yang menimbulkan keluhan-keluhan pada diri Anda dan apakah rencana dari Dokter untuk menyembuhkan kondisi Anda, gejala apa saja yang dapat disembuhkan secara tuntas, serta berapa lama terapi akan berlangsung.

    UNtuk penyalahgunaan dari steroid, penanganannya akan membutuhkan satu terapi komprehensif yang melibatkan konseling, psikoterapi, terapi prilaku, obat-obat penyeimbang hormon, serta obat simptomatik lainnya. JIka memang Anda sudah berhenti menggunakan obat tersebut dan TIDAK ADA INDIKASI MEDIS dari Dokter untuk menggunakan obat-obatan tertentu, lebih baik tidak melanjutkan karna tidak ada manfaatnya.

    Untuk masalah2 Anda yang lain (retensi air, depresi, jerawat, pegal, nyeri sendi, stretchmark, dll), yang Anda RASAKAN terkait dengan efek samping dari steroid, kembali lagi Kami tegaskan, selama belum ada bukti yang kuat bahwa obat yang Anda konsumsi memang steroid dan dari pemeriksaan penunjang memang menunjukkan adanya steroid berlebih dalam tubuh Anda, maka SEMUA KELUHAN ANDA BELUM TENTU berkaitan dengan steroid. Bisa merupakan efek dari penyakit atau kondisi medis lain dalam tubuh Anda bisa dari yang normal akibat kurangnya aktivitas fisik yang rutin, pola makan dan nutrisi yang kurang baik, stres dan cemas secara psikis atau bisa juga akibat penyakit atau kondisi medis lain (mulai dari infeksi sampai kanker) dalam tubuh Anda.

    Tim Kami tidak bisa memberikan informasi berdasar "dugaan" dari Anda, sekali lagi diperlukan pemeriksaan fisik yang jelas. UNtuk menjadi catatan, retensi air tidak akan menyebabkan kegemukan hanya pada bagian paha dan bokong. Kemungkinan yang Anda alami adalah bukan retensi air melainkan penumpukan lemak yang memang predileksinya bisa dibagian paha, panggul, perut, lengan atas, dan pipi. Untuk memperoleh berat badan yang ideal dan proporsional, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Gizi klinik untuk program dan pengaturan kalori dan aktivitas.

    Selengkapnya mengenai stretch mark dapat Anda baca di artikel ini.  Stretch mark terjadi akibat peregangan yang berlebihan secara mendadak (kenaikan berat badan atau penumpukan lemak yang cepat). Warna yang berbeda adalah akibat perkembangan dari stretch mark sendiri, berapa besar dan berapa lama proses terjadinya stretch mark tersebut sudah dimulai (belum matur dan sudah matur). Apabila tidak terinfeksi, stretch mark tidak menimbulkan masalah selain dari segi kosmetik. Pengobatan Stretch mark tergantung dari jenisnya, dan tidak dipengaruhi oleh kadar hormon apa pun dalam tubuh. Stretch mark dapat memudar dengan bantuan kosmetik dan obat-obatan serta dapat menghilang dengan cara laser atau operasi.

    Seputar tinggi badan dan tipsnya dapat Anda baca pada artikel 1 dan artikel 2.

    Seputar kepadatan tulang dan pengapuran tulang dapat Anda baca pada artikel 1, artikel 2, dan artikel 3

    Mengenai layanan, cakupan coverage dan permintaan informasi dari BPJS, Anda dapat langsung menuju Link BPJS Kesehatan

    Bersemangatlah dan selalu berpikir positif dalam hidup Anda, jangan banyak mengeluh, lakukan pola hidup sehat, lakukan aktivitas fisik yang teratur, makan makanan yang bergizi dalam jumlah yang tidak berlebihan, penuhi kecukupan air minum harian, jangan merokok, bijaklah dalam memilih obat dan suplemen, ikuti nasihat Dokter Anda, patuhi pengobatan yang diberikan, dekatkan diri dengan Tuhan, sayangi keluarga, lakukan kegiatan sosial, aktivitas dan hobi yang Anda sukai, hindari stres dan bekerjalah sesuai bidang yang Anda sukai.

    Semoga dapat membantu.

    Tim Alodokter