Tanya Dokter

  • Demam kalau terlalu capek

  • Mlam doc mau tanya kenapa yaa kalo saya terlalu capek saya demam , beberapa hari ini trus kayak gtu , apaa penyebab nya yaa doc kalo boleh saya tau , saya 1 tahun yg lalu melahirkan secara cesar , apaa adaa pengaruh nya ?

    Hai, Demam merupakan kondisi tubuh di mana saat dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer didapatkan hasil melebihi 37.5 derajat celcius. Penyebab demam misalnya:

    • infeksi bakteri, virus, atau parasit, seperti radang tenggorokan, influenza, tifus, atau malaria
    • kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid)
    • setelah mendapatkan vaksinasi
    Peningkatan suhu tubuh juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan cairan atau terpapar sinar matahari yang terik. Usahakan untuk konsumsi makanan sehat secara teratur, banyak minum air mineral untuk mencegah dehidrasi, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Sehingga memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Obat parasetamol dapat diberikan sementara untuk meredakan demam yang timbul. Adanya riwayat operasi caesar sejak 1 tahun yang lalu, biasanya tidak ada pengaruhnya dengan keluhan yang sekarang dialami. Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah dapat membantu untuk mengetahui apakah terdapat penyebab medis yang terjadi. Sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat. Anda dapat membaca halaman Demam.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto