Tanya Dokter

  • Terlambat haid 1 hari dan testpack positif, apakah hamil?

  •  Arinitupamahu
    Anggota
    selamat siang dok. Saya seorang ibu anak 1 ( 9th ) Saya terlambat haid 1 hari, iseng2 test pack pagi ini 2x & hasil nya positif semuanya. Apakah saya hamil ? takut nya saya ‘gr’ hehehe.. pinggang terasa nyeri & perut terasa sdkit mual.

    Halo Arinitupamahu.......

    Terimakasih atas oertanyaan Anda.

    Keterlambatan menstruasi yang dialami oleh wanita yang aktif melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi apapun, dimana cairan mani masuk ke dalam vaginanya, maka dapat mengarah ke suatu kehamilan.

    Jika memang tes kehamilan sudah menunjukkan hasil positif, maka memang kemungkinan besar Anda hamil. Selain itu, tanda - tanda kehamilan yang akan muncul diantaranya adalah : perubahan pada payudara, tidak nafsu makan, kelelahan, mual, muntah, pusing, sembelit, sering buang air kecil, mood yang berubah - ubah.

    Keterlambatan menstruasi memang juga dapat disebabkan oleh karena hal yang lainnya di luar kehamilan, seperti : stress psikologis, tubuh sedang dalam kondisi kesalahan yang sangat, kekurangan gizi atau nutrisi, penurunan berat badan yang sangat ekstrim, obesitas, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, kista ovarium, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikannya, kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya tes kehamilan dengan menggunakan sampel darah atau USG obsgyn, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TANDA - TANDA KEHAMILAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati