Tanya Dokter

  • Penyebab keterlambatan haid

  • Pagi dok, saya tia. Dok saya haid bulan juli tnggal 26,buln agustus tnggl 23,bulan sptmber tnggl 19,bln oktber tnggl 12,,dan bln nopembr saya belum haid, klau saya itung seharusny saya haid tnggl 6 nopember.. Apakah itu tanda nya saya hamil ,atau ada sebab lain mohon d jelaskn dok.. Terima kasih

    Hai Dhena,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Jika menilik dari jadwal menstruasi Anda, siklus menstruasi Anda tergolong tidak beraturan. Pada orang dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, sesungguhnya sangat sulit menentukan kapan jadwal menstruasi berikutnya akan datang.

    Sebagai acuan, menstruasi yang normal bisa terjadi setiap 21 hingga 35 hari sekali. Karenanya, untuk memprakirakan jadwal menstruasi berikutnya, sebaiknya Anda menambahkan angka tersebut pada jadwal menstruasi Anda, yakni:

    Kemungkinan menstruasi berikutnya = (HPHT + 21) hingga (HPHT + 35)

    Kemungkinan menstruasi berikutnya = (12/10 + 21) hingga (12/10 + 35)

    Kemungkinan menstruasi berikutnya = (2/11) hingga (16/11)

    Jadi, menstruasi Anda bulan ini bisa terjadi antara tanggal 2 hingga 16 November 2017. Itu artinya, saat ini Anda belum mengalami keterlambatan menstruasi.

    Sebaiknya, Anda bersabar dulu menunggu 1 minggu lagi. Apabila menstruasi Anda tidak juga datang, maka Anda bisa melakukan testpack untuk mengecek apakah terjadi kehamilan. Jika hasilnya positif, Anda bisa mengkonfirmasinya dengan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan. Namun, jika hasilnya negatif, dan menstruasi tidak kunjung datang, sebaiknya Anda melakukan testpack ulang 3 hingga 7 hari kemudian.

    Selain hamil, beberapa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan terlambat menstruasi adalah stres, kelelahan, berat badan tidak ideal, gangguan pola makan (misalnya anoreksia, bulimia), kista ovarium, kelainan kelenjar tiroid, dan sebagainya.

    Sementara waktu, untuk membantu melancarkan menstruasi, sebaiknya Anda lakukan gaya hidup yang sehat, yakni dengan memperbanyak istirahat, hindari stres atau cemas yang berlebihan, makan makanan yang bergizi, dan juga rajin berolahraga.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah