Tanya Dokter

  • Penyebab terlambat haid 9 hari

  • Dok haid sy terakhir tgl 24 September smp tgl 1 November ini sy blm dpt haid juga sudah telat 9 hari. Sudah tespack tp hasil negatif cm sy merasa kurang fit trs sprti gejala hamil. Klo pun sy terlambat haid apa krna sy sedang program diet dok?. Mohon jawabannya terimakasih..

    Halo Juny Cubby Mom's Rafi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi adalah peluruhan jaringan endometrium di rahim yang keluar dalam bentuk darah dari vagina. Menstruasi akan terjadi apabila sel telur yang dihasilkan oleh wanita tidak dibuahi oleh sperma. Siklus menstruasi yang normal berjarak antara 21-35 hari antar siklus dan lamanya adalah 2 hingga 7 hari. Jika seorang wanita mengalami pemanjangan jarak antara siklus menstruasi hingga melebihi 35 hari, maka wanita tersebut disebut mengalami oligomenorea. Oligomenorea dapat disebabkan oleh beberapa hal:

    1. Fluktuasi hormonal saat masa pubertas dan sebelum masa menopause
    2. Peningkatan atau penurunan berat badan yang berlebihan
    3. Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia 
    4. Olah raga yang berlebihan
    5. Stress
    6. Menyusui
    7. Penggunaan obat-obatan dan kontrasepsi hormonal
    8. Penyakit tertentu seperti terjadinya infeksi, penyakit pada tiroid, diabetes
    9. Penyakit seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS)
    10. Kista ovarium

     

    Untuk mendiagnosis seorang wanita mengalami oligomenorea perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa wanita tersebut tidak hamil. Bila anda telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, sebaiknya anda melakukan test pack ulang 3-7 hari kemudian untuk memastikannya. Periksalah dengan menggunakan urin pertama di pagi hari untuk mendapat hasil yang lebih akurat. 

    Bila hasil pemeriksaan tetap negatif, berarti keterlambatan menstruasi anda dapat disebabkan oleh hal lain. Diet yang terlalu ketat serta penurunan berat badan berlebihan memang dapat menyebabkan gangguan hormonal dan gangguan pada siklus menstruasi. Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan dengan bertahap. Penurunan berat badan yang disarankan adalah 0.5 hingga 1 kg per minggu. 

    Anda dapat mencoba untuk memperbaiki pola makan anda terlebih dahulu, mengurangi stress, berolahraga secara teratur dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, serta istirahat dan tidur yang cukup. Bila setelah mencoba memperbaiki hal-hal di atas anda belum juga mendapat menstruasi, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia