Tanya Dokter

  • Pengaruh asam folat terhadap siklus haid

  • Dok saya mau tanya, apakah asam folat (Folavit) itu mempengaruhi terlambat haid ? saya sudah telat hampir 1 minggu dok. maksud hati saya mau program hamil makanya saya konsumsi Folavit dan Vit E. seminggu kebelakangan badan ngerasa udah sakit semua, apalagi disekitar pinggang, ditambah mulut pait. pas saya TP sehari sebelum tanggal haid hasilnya masih negativ. 

    pertanyaan nya : 1. Apakah Folavit membuat jadi telat haid, 2. Apakah saya harus TP lagi 2 minggu kemudian ? mohon jawabannya ya dok. terima kasih. GBU

    Hai Theresia.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    1. Asam folat atau vitamin B9  merupakan vitamin yang memiliki banyak manfaat. Vitamin ini berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh, memproduksi sel darah merah, juga penting dikonsumsi oleh wanita hamil atau yang sedang program hamil. Untuk wanita baik mengkonsumsi asam folat saat program hamil hingga trimester pertama kehamilan, karena asam folat penting untuk mencegah kecacatan dan membantu proses perkembangan otak.  Konsumsi vitamin E baik untuk kulit dan untuk kesuburan pada pria sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki sperma yang rusak. Konsumsi kedua vitamin ini baik dan bermanfaat. Asalkan sesuai dosis dan tidak ada alergi pada anda.
    2. Tanda- tanda kehamilan ialah tidak terjadi haid, mual muntah, terjadi perubahan pada payudara, lebih sensitif, menjadi sering kencing. Dalam pemeriksaan dengan testpack baiknya dilakukan bila haid terlambat minimal 1 minggu karena bila terlal dini maka HCG dalam urin (yang diukur dengan testpack) belum  dapat terdeteksi. Maka baiknya anda mengulang lagi 1-2 minggu kemudian. 

    Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai keadaan anda, dan ingin mengetahui lebih awal dapat dilakukan pemeriksaan darah. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi. Serta jaga kesehatan anda, makan makanan yang bergizi, makan tepat waktu, istirahat cukup, dan minum air putih yang cukup. 

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti