Tanya Dokter

  • Penyebab siklus haid tidak teratur

  •  Nawangsari
    Anggota
    malam dok . saya wanita brumur 21 tahun . sejak brapa bulan lalu saya mengalami haid tidak teratur terakhir haid tgl 30 sampai sekarang belum haid lg . dan sudah bbrapa bulan ini saya perhatikan juga volume darah haid yg keluar hanya selama 3 hari itu pun sedikit sekali dok . ini kenapa ya dok ? mohon di jawab dong mengenai permasalahan saya . dan apakah ini bisa berpengaruh jika nanti saya sudah menikah akan sulit hamil ? terimakasih dok

    Terima kasih Nawangsari atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti:
    - kondisi stress
    - berat badan berlebih
    - kista ovarium
    - aktivitas olahraga yang berlebihan
    - memiliki penyakit tertentu seperti (hipertiroid, dll)

    Dimana salah satu penyebab haid yang tidak teratur adalah kondisi stress, kondisi stress ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga dapat mempengaruhi keadaan menstruasi pula. Biasanya bila akibat pengaruh keadaan stress, haid akan kembali teratur bila kondisi stress telah teratasi. Namun keadaan ini juga tidak menutup kemungkinan akan penyebab yang lainnya seperti yang telah disebutkan diatas. Oleh sebab itu, sebaiknya Saudari pada keadaan ini dapat memeriksakan diri ke dokter apabila gangguan siklus haid yang dialami terus berlanjut, dimana dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung atau dibutuhkan pemeriksaan lainnya seperti USG guna memastikan kondisi yang dialami Saudari saat ini. Mengenai kondisi kehamilan, tentu gangguan haid akan dapat mempengaruhi kondisi ini bila keadaan didasari oleh penyakit tertentu atau gangguan haid terus berlanjut.

    Berikut terdapat artikel seputar haid

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra