Tanya Dokter

  • cara agar berat badan menjadi ideal

  •  syazna
    Anggota
    Gimana ya jika asupan kalorinya terlebih masuk ? Contohnya jika kita makan sehingga kalori 2,099 padahal kiraan seharusnya untuk turun berat jumlah 1,300..tetapi udah terlebih 799 kalorinya. Gimana hendak lakuin agar berat ngga tambah berat badan dan still turun walaupn sudah terlanjur konsumi lebih kalorinya?
    syazna  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Syazna,

    Berat badan yang ideal tentu merupakan idaman bagi semua orang. Namun demikian karena satu atau lain hal, hal ini dapat sangat sulit untuk dicapai oleh sebagian besar orang. Kenaikan atau penurunan berat badan sendiri sangat bergantung dari jumlah kalori yang dikonsumsinya, yakni :

    • Berat badan akan bertambah bila konsumsi kalori melebihi kebutuhan harian
    • Berat badan akan menurun bila konsumsi kalori kurang dari kebutuhan harian
    • Bila Anda kesulitan untuk mengontrol jumlah kalori yang masuk dan ingin menurunkan berat badan maka cara lain untuk mengurangi berat badan Anda adalah dengan meningkatkan kebutuhan kalori harian yang dapat dicapai dengan aktifitas fisik seperti berolahraga. Saya sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis gizi atau nutritionist agar mendapat informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

      Selain pengaturan pola diet dan olahraga, dokter juga dapat meresepkan beberapa obat untuk mencegah penyerapan lemak seperti chitosan ataupun obat-obatan lainya yang dapat membantu meningkatkan kecepatan metabolisme Anda. Walaupun bermanfaat, sebaiknya Anda tidak menggunakan obat-obatan tersebut secara sendiri karena berpotensi menimbulkan berbagai efek samping yang serius.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Menurunkan berat badan secara realistis

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono