Tanya Dokter

  • termasuk kanker serviks bukan?

  •  Nheny Aulia
    Anggota

    Dok, saya baru 5 bulan siap lahiran, sejak saya suntik KB pertama yaitu suntik kb 3 bulan, saya mens terus dok,bulan pertama 15 hari siklus mens na, bulan ke 2, lebih sering ƪά̲̣ƍį mens na, dan bulan terakhir ne hampir gak berhenti, kalaupun berhenti cuma sehari j..,,rambut saya pun mengalami kerontokan dok,..gimana t dok??

    Halo, Jika gangguan menstruasi berawal dari sejak pemakaian suntik KB 3 bulan maka dapat saja hal tersebut yang memicu perubahan pada siklus haid Anda walaupun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh hal-hal lainnya. Selain penggunaan metode kontrasepsi jenis tertentu, hal lain yang dapat memicu gangguan pada siklus haid antara lain :

    • Polip rahim
    • Penyakit radang panggul
    • Gangguan pembekuan darah
    • Gangguan hormon
    • Kanker
    dan lain-lain Mengingat intensitas dan frekwensinya yang sudah semakin sering maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebabnya. Diagnosis (termasuk diagnosis kanker serviks) tidak dapat ditegakkan hanya berdasarkan sekumpulan gejala saja melainkan dibutuhkan pemeriksaan medis dan analisis yang lebih mendalam untuk sampai pada suatu diagnosis. Kemungkinan dokter akan menyarankan untuk dilakukan tes medis (seperti misalnya USG perut/transvaginal, pemeriksaan laboratorium, pap smear, dan lain-lain) jika diperlukan. Tanyakan mengenai kondisi medis Anda dengan jelas kepada dokter kandungan yang memeriksa Anda. Apabila penyebabnya adalah KB suntik 3 bulan maka Anda dapat berkonsultasi dengan beliau mengenai metode kontrasepsi jenis lainnya yang cocok untuk Anda. Namun bila penyebabnya adalah hal lain maka tentu saja penanganannya akan berbeda tergantung dari hasil pemeriksaan. Berikut ini kumpulan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda : Metode Kontrasepsi Menstruasi Mewaspadai Menstruasi Kanker Serviks Rambut Rontok   Salam, dr.Debby Phanggestu