Tanya Dokter

  • gatal-gatal yang menyebar

  •  erwin
    Anggota

    pagi dok saya erwin umur 27 th udah menikah punya anak 1.. saya mau tanya dok' udah sekitar 2 bulan saya menderita gatal2 pada bagian bagian tubuh saya 'pertama yg terkena gatal2 istri saya' kemudia saya pun mengalaminya'dan sekarang anak saya juga kena gatal2 juga'terutama yg saya alami sampai2 alat vital saya/MR.P. pun kena gatal yaitu ada 4 bentolan berwarna merah pada ujung' mr.p' dan sangat gatal'tp kadang gatalnya hilang''dan sangat sensitif sekali''dan gejala'area gatal yg sering terjadi kepada kami sekeluarga alami pada area''lengan' kaki'selakangan'dan sela2 jari2''dok itu sebenarnya penyakit apa''? dan apa penyebabnya''dan kalau di obati obat apa dok''karna sudah bermacam obat(cinolon-n ' bettason' kalpanak) digunakan tp kok gak sembuh dok

    Kok penyakit kita sama ya?? Maaf saya menngangu salam kenal saya putri Saya sudah berkeluarga, Dan saya pun dpt penyakit ini juga Apa bentolan kecil nya berair? Saya pun sekeluarga mendapatkan nya,anak saya yg msh bayi berumur satubulan lebih juga dapat Kemanapun berobat gg sembuh juga, Somaga dokter memberi obat nya buat qt,

    Hallo,   Penyebab penyakit gatal yang menular pada satu keluarga bisa disebabkan oleh :

    1. Infeksi scabies
    2. infeksi virus
    3. infeksi jamur
    4. dll
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab penyakit Anda maka pemeriksaan fisik oleh dokter sangat diperlukan. Penyakit kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dalam menegakkan diagnosa penyakit sehingga penanganan yang sesuai bisa diberikan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain jika perlu seperti tes kerokan kulit dll.   Scabies merupakan infeksi kutu yang sangat menular dan menimbulkan reaksi kulit yang sangat gatal. Penyebab scabies adalah kutu / tungau sarcoptes scabiei yang hidup di dalam kulit dengan memakan sisa kulit mati. Kutu ini menimbulkan bintil kecil dan membentuk seperti terowongan yang sangat gatal dan bila digaruk akan mengeluarkan cairan yang bisa menimbulkan rasa gatal yang lebih intens lagi. Rasa gatal timbul sebagai akibat reaksi alergi terhadap cairan liur, BAB dan BAK dari tungau yang terkontak di kulit. Scabies ditularkan melalui kontak kulit langsung atau kontak seksual. Insiden penularan juga bisa terjadi jika Anda bertukaran pakaian, handuk dan barang pribadi lainnya dengan orang yang terinfeksi.  Sehingga biasanya jika satu orang terkena maka bisa menularkan kepada satu keluarga yang berkontak langsung dengan penderita. Gejala scabies adalah :
    1. gatal terutama malam hari
    2. Kemerahan
    3. Bintil yang panjang seperti terowongan terutama di sela tangan, kaki, di sekitar kelamin, siku, punggung tangan dan kaki.
    4. tanda bekas garukan
    Penanganan scabies bisa dengan menggunakan obat sejenis permethrin, malathion dll dengan cara penggunaan khusus yang harus digunakan dengan resep dokter. Selain obat beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan di rumah adalah membasmi kutu/ tungau dengan cara:
    1. Membersihkan ranjang, sprei, tirai, lemari di kamar
    2. Merendam sprei, baju yang telah dipakai, tirai, selimut dll dengan air panas
    3. Menjemur kasur di terik matahari
    4. Mengoleskan obat sesuai anjuran dokter
    5. menghindari kontak dengan penderita pertama kali yang menularkan
    6. tidak berbagi barang pribadi
    7. mengobati juga penderita lain yang tinggal dekat dan sering berkunjung ke rumah
    Semoga membantu.   dr. Yusi