Tanya Dokter

  • Penularan penyakit gonore

  • dok saya mau nanya , apakah bisa tertular gonore jika pasangan saya terkena bartholin sudah seminggu dia minum obat dari dokter , dan saya menempelkan penis saya ke vagina luarnya, vaginanya dalam keadaan kering, dan saya buru buru mencucinya dengan sabun? sudah berjalan 4 hari yg lalu misalnya ketika sudah lebih dari seminggu tidak ada gejala gonore , apakah saya perlu mengecek kerumah sakit dok?

    Halo, Apakah yang Anda maksud dengan terkena bartholin? Bartholin adalah kelenjar bilateral/ganda yang berfungsi menghasilkan lendir untuk lubrikasi pada saat seorang wanita mengalami peningkatan ransgsangan seksual. Kelenjar ini terletak di bawah kanan dan kiri dari pembukaan vagina. Jika kelenjar tersebut terinfeksi oleh kuman seperti staphylococcus sp, E.coli dapat menyebabkan abses. Pada beberapa kasus dapat disebabkan oleh kuman penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore. Gonore ditularkan melalui cairan vagina atau cairan penis saat berhubungan seksual baik secara oral, vaginal maupun anal tanpa menggunakan pengaman/kondom. Umumnya gejala akan timbul sekitar 10 hari dari mulai terpapar bakteri gonococcus atau dapat juga seseorang tidak merasakan gejala selama beberapa minggu/ bulan. Gejala yang sering muncul antara lain :

    • Sakit atau perih saat BAK disertai keluar cairan putih, kuning atau hijau.
    • Rasa sakit pada testis
    • Peradangan pada kulup penis
    • Peradangan sekitar dubur (melakukan hub seks secara anal)
    • Peradangan pada tenggorokan/faringitis (jika melakukan hub seks secara oral)
    • Peradangan pada selaput bening mata/konjungtivitis (jika cairan vagina atau sperma terkena mata)
    Jika pasangan Anda memiliki gejala gonore seperti yang dijelaskan diatas maka ada kemungkinan tertular jika cairan vagina mengenai organ intim Anda. Untuk dapat memastikan perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter. Umumnya pemeriksaan seperti urine, cairan tubuh yang dicurigai terinfeksi (cairan vagina atau penis) sudah dapat dilakukan setelah beberapa hari melakukan hubungan seks. Baca artikel terkait : Gonore Baca topik terkait : Benjolan di vagina Semoga membantu, dr. Rievia