Tanya Dokter

  • Penularan HIV melalui cairan sperma

  •  Esa P Perdana
    Anggota

    Dok saya mau tanya. Apakah cairan vagina yang mengandung HIV ada dalam kain kurang lebih 20 menit lalu mengenai luka . apakah bisa terinfeksi hiv? Mengingat sudah ada diluar tubuh manusia selama 20 menit yang terdapat di kain di dalam ruangan. Dan juga apakah petting (menggesekan kemaluan dengan kemaluan tanpa pakaian) bisa terinfeksi hiv?

    Halo Esa, Virus HIV tidak dapat menular melalui cairan tubuh yang berada di luar ruangan(atau di dalam pakaian), hal tersebut dikarenakan virus HIV akan segera rusak setelah keluar dari tubuh manusia. Akan tetapi belum ada data yang pasti dan jelas apakah sentuhan dengan luka pada sisa cairan tubuh tersebut dapat menularkan atau tidak. Saya menyarankan agar anda memakai alat pelindung pada daerah yang masih terluka, apabila ingin menyentuh sisa cairan tubuh. Resiko menularkan HIV pada individu ke individu lainnya memiliki beberapa faktor yang mendasari, faktor yang berperan adalah:

    • Jumlah virus HIV yang ada pada penderita, apakah dia meminum obat secara rutin atau tidak
    • Adanya luka pada kemaluan atau tidak
    • frekuensi berhubungan, apakah sering atau tidak
    Yang dapat saya sarankan saat ini adalah anda dan pasangan yang sudah diduga HIV menjalani tes HIV secara bersama-sama. Apabila benar menderita HIV, maka dokter akan memberikan obat-obatan. Saat ini gunakanlah kondom untuk mencegah transmisi virus. Baca pula HIVPeriksa HIV Semoga membantu, dr. Albert Tony Lopolisa

    Esa P Perdana  Esa P Perdana
    Anggota

    Dok pada saat petting kemaluan saya tidak luka. Apakah bisa terinfeksi dok.

    Esa P Perdana  evan
    Anggota

    saya rasa tidak ,  yang saya tau ,

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.