Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk tes ulangan HBsAG

  •  Pratiwislv
    Anggota
    Selamat siang dok. Saya mau tanya beberapa jam yg lalu saya tidak sengaja tertusuk jarum pasien. Waktu tahun 2012 saya sudah vaksin hepatitis b sebanyak 3x suntik. Dok, waktu yg tepat utk Tes ulang kadar HBSAG didalam tubuh saya sebaiknya kapan ya dok ? Trima kasih

    Halo Pratiwislv

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Sebelumnya apakah pasien yang jarumnya tertusuk pada Anda adalah pasien hepatitis B? Apakah Anda tenaga medis?

    Mengenai pertanyaan Anda kapan sebaiknya tes ulang kadar HBsAG pada tubuh. Sebenarnya apabila sudah terjadi paparan seperti yang Anda alami sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara lengkap dan langsung. Apabila Anda adalah seorang tenaga medis di suatu rumah sakit atau instansi kesehatan pasti sudah ada protokol atau SOP yang berlaku untuk peristiwa seperti yang Anda alami. Dimana akan ada tim pengendalian infeksi yang akan bertugas untuk itu. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan lab untuk pasien yang memiliki jarum tersebut dan juga Anda. kemudian apabila hasilnya positif maka Anda harus melakukan pengobatan untuk hal tersebut, namun apabila pasien yang Anda tertusuk jarumnya tersebut tidak dapat dilacak maka program penanggulangan sangat diperlukan dimana Anda akan diberikan antibodi hepatistis B (HBIG)dan serangkaian vaksin hepatitis B.

    Namun apabila Anda bukan tenaga medis saya sarankan cobalah untuk memeriksakan segera diri Anda dan pasien tersebut ke rumah sakit terdekat agar bisa dilakukan serangkaian pemeriksaan terhadap Anda dan pasien tersebut.

    Ini terdapat diskusi yand bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda

    Semoga bermanfaat

    Salam. dr. Satya Sueningrat