Tanya Dokter

  • Tempat bisa dilakukan vaksin HPV dan berapa biayanya?

  • pagi dok... saya mau tanya.. pd nopember 2014 kmrn saya kena kondiloma.kondiloma saya sudah sembuh karena saat itu dikouter.dan pada saat itu saya tes HIV hasilnya negatif. yg saya mau tanya kan. "apakah kondiloma saya bisa tumbuh lagi?" "dan apa perlu saya tes HIV kembali? krna saya merasa telah berhubungan sex yg berisiko dan pda saat itu saya disarankan untuk vaksin HPV. "dmn saya bisa mendapatkan vaksin tersebut dan bgmna caranya? brp biaya nya dok.,?" terimakasih dok.. usia saya 22thn.

    Halo Soess..   Kondiloma merupakan infeksi virus HPV yang menyerang kelamin dan menimbulkan gejala seperti kutil / kulit ayam yang bergerombol dan besar. Karena penyebabnya virus maka ada kemungkinan bahwa kondiloma ini bisa timbul kembali walaupun Anda telah melakukan tindakan kauter sebelumnya. Untuk menghindarkan kutil datang kembali maka Anda bisa melakukan :

    1. Berpantang seks bebas
    2. Menggunakan kondom
    3. Menghindari kontak dengan kutil lagi
    4. Tidak melakukan seks saat kutil sedang aktif
    5. Mengobati jg pasangan seks Anda.
    6. Istirahat cukup
    7. jaga daya tahan tubuh.
    Baca topik Kutil / Kondiloma . Jika setelah Anda melakukan tes HIV kemarin yang dinyatakan negatif Anda tidak pernah melakukan hubungan seks yang beresiko maka Anda tidak perlu melakukan tes kembali. Namun jika setelah tes kemarin Anda melakukan hubungan seks beresiko tinggi maka sebaiknya Anda melakukan pengetesan kembali 3 bulan paska hubungan seks beresiko. Anda bisa mendapatkan vaksin HPV di RS atau klinik besar yang menyediakan vaksinasi tersebut.  Karena Anda pernah memiliki riwayat terekspose oleh virus HPV maka sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan vaksinasi, terkadang diperlukan pemeriksaan laboratorium mengenai pemeriksaan HPV sebelum Anda melakukan vaksinasi tersebut. Besaran biaya vaksinasi akan bervariasi namun untuk perkiraan harga vaksinasi adalah sekitar (+/-) 1, 5 juta perkali vaksinasi dan Anda akan membutuhkan 3 kali vaksinasi untuk mendapatkan imunitas yang baik. Semoga membantu.   dr. Yusi