Tanya Dokter

  • Pemerikaan infeksi hiv

  •  Luki Ukii
    Anggota
    Hallo Dokter. Saya pernah berhub intim bulan februari tidak memakai kondom. Lalu ada rasa cemas ingin test HIV, lalu sekitar 3 bulanan kemudian saya tes di Carlo, dan hasilnya negative. Lalu saya diminta datang lagi di 3 bulan kemudian, dan saya datang lagi dan tes untuk kedua kali untuk meyakinkan. Dan hasil yang kedua ini juga negative. Karna yang saya ingat, setelah saya berhubungan intim tersebut, saya pernah ada flu, namun sedikit demam. Lalu di bulan ke 5 setelah berhubungan intim tersebut saya mengalami sakit tenggorokan dan susah menelan, tapi tidak ada kelenjar getah benih. Lalu di bulan ke 8 pasca berhubungan intim tersebut saya pernah sakit biduran. Tetapi yang saya baca, ciri-ciri tersebut hanya ada di dalam 3 bulan pertama pasca terinfeksi. Apakah bisa penyakit ini terkena lewat dari 3 bulan pasca terinfeksi? Lalu apakah tes HIV yang saya jalankan sudah cukup Valid? Terima kasih dok.
    Luki Ukii  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Luki,

    Hubungan intim / seks bebas beresiko menularkan berbagai macam penyakit termasuk HIV. Untuk mendeteksi HIV bisa dilakukan dengan tes HIV. Tes HIV setidaknya dilakukan 1 bulan setelah pajanan terakhir, kemudian diulang 3 bulan setelah pajanan, dan bila perlu diulang kembali 6 bulan setelah pajanan.

    Tes HIV yang dilakukan 1 bulan setelah pajanan memiliki tingkat akurasi sebesar 95%. Tes HIV 3 bulan pasca pajanan tingkat akurasinya sebesar 99,97%. Sedangkan tes HIV 6 bulan pasca pajanan tingkat akurasinya 100%. Dengan demikian tes HIV Anda yang dilakukan 6 bulan pasca hubungan intim beresiko sudah valid dan akurat.

    Selama Anda tidak melakukan perilaku beresiko lagi, maka Anda dikatakan HIV negatif. Sebaiknya untuk selanjutnya ANda mencegah penularan HIV dengan cara:

    • Hindari seks bebas
    • Gunakan kondom saat berhubungan
    • Hindari narkoba
    • Setia pada 1 pasangan yang sah
    • Pastikan jarum tato dan tindik steril
    • Biasakan pola hidup sehat

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Tes HIV

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y