Tanya Dokter

  • Demam dan badan lemas setelah melakukan hubungan seks beresiko

  •  qevin
    Anggota
    slmt pg dok,sy mau tny sy melakukan hubungan sex beresiko pertm kali.bbrp hari kemudian badan sy demam sprt dingin dan badan sprt lemas bbrp hr. sy jd was2 dan cemas krn mengalami gejala demam dan lemas. apa sy sdh tertular hiv,dok. kpn sy bisa tes hiv di rmh sakit dan brp biaya nya klau tes hiv? trm ksh

    Halo Qevin

    Terimakasih atas pertanyaannya

    Hubungan seksual berisiko merupakan salah satu perilaku berisiko terjadinya penularan virus HIV. Selain itu, menggunakan jarum suntik atau alat tusuk lainnya ( misalnya alat tindik ) bekas penderita HIV juga merupakan perilaku berisiko tertular HIV. Namun meskipun Anda melakukan perilaku berisiko di atas atau berhubungan intim dengan kelompok berisiko tinggi tertular HIV ( yakni pengguna narkoba suntik, PSK, LSL / Lelaki Seks Lelaki ), bukan berarti 100 % Anda pasti tertular HIV sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Pemeriksaan HIV baru dapat dilakukan setidaknya 4 minggu setelah kejadian saat dicurigai tertular virus HIV. Ini disebabkan jika jika memang terinfeksi HIV, sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu untuk menghasilkan antibodi yang cukup untuk bisa dideteksi di pada pemeriksaan darah nanti. Periode ini disebut masa jendela. Lama masa jendela tiap orang berbeda – beda, biasanya 3 minggu – 3 bulan. Sebagian kecil hingga 6 bulan. Sehingga nantinya mungkin test HIV dilakukan beberapa kali untuk memastikan terinfeksi atau tidak. Apabila hasil yang didapatkan nonreaktif setelah 6 bulan paska kejadian berisiko, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi penularan HIV. Pemeriksaan HIV dapat dilakukan dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti di puskesmas dan RS pemerintah. Tempat pelayanan kesehatan milik pemerintah ( puskesmas dan RS ) yang memiliki fasilitas pemeriksaan HIV umumnya  mengadakan pemeriksaan secara gratis. Di beberapa tempat mungkin terdapat biaya administrasi /pendaftaran. Tempat kesehatan milik pemerintah yang menarik biaya biasanya tidak mahal dan tidak lebih dari 75 atau 100 ribu. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan di laboratorium atau klinik / RS swasta, biaya pemeriksaan akan tergantung kebijakan tempat masing - masing.

    Demam, badan terasa lemas merupakan gejala infeksi yang umum terjadi.  Untuk HIV sendiri, biasanya gejala demam, muncul ruam – ruam di tubuh, rasa lelah, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan, sendi ataupun otot biasanya baru muncul 3 minggu setelah terinfeksi yang kemudian akan sembuh. Namun tidak jarang orang yang tertular HIV malah tidak merasakan gejala apa - apa. Selanjutnya, HIV biasanya tidak menimbulkan gejala lebih lanjut selama bertahun - tahun ( badan terasa sehat / normal ). Kondisi tanpa gejala ini bisa berlangsung selama 10 tahun atau lebih. Baru setelah masuk ke tahap lanjut, yakni biasa dikenal dengan AIDS, orang tersebut mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya yang sangat rendah.

    Berikut tips yang penting Anda lakukan saat ini :

    • Tetap berfikiran positif
    • Jalanin pola hidup sehat seperti dengan cukup istirahat, dan makan makanan yang bergizi serta minum air putih yang cukup 8 – 10 gelas perhari ( baik untuk mencegah kurangnya cairan akibat demam ).
    • Saat demam  Anda dapat mengompres dahi, leher dan kedua ketiak dengan air hangat atau suam kuku serta mengkonsumsi paracetamol tiap 6 – 8 jam dapat membantu menurunkan demam dan mengurangi nyeri sendi.
    • Hindari merokok, alkohol, dan perilaku tidak sehat serta berisiko lainnya.

    Semoga bermanfaat ya.