Tanya Dokter

  • Tes HIV untuk Ibu Hamil

  •  AILIE
    Anggota

    Hi Dok,

    Saya Ailie sedang hamil 11 minggu. saya sudah tes hiv hasilnya antibodi saya 0.6 non reaktif. dengan jumlah anti body sebesar 0.6 (lebih dari 0.5) apa maksudnya ya dok? apakah ada potensi HIV? Apakah beberapa bulan kemudian saya harus tes lagi dok? atau cukup sekali tes saja. 

    Terima kasih

    AILIE  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo AILIE,

     

    HIV (Human Immunodeficiency Virus)  adalah salah satu jenis virus yang dapat menginfeksi tubuh manusia dan mengganggu sistem pertahanan pada tubuh manusia sehingga pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) akan terjadi berbagai macam komplikasi penyakit lainnya karena lemahnya daya tahan tubuh terhadap penyakit akibat infeksi virus HIV. 

    Beberapa faktor risiko terinfeksi virus HIV diantaranya :

     

    • Pemakaian narkotika jenis suntik
    • Pemakaian alat bantu seks secara bersama-sama
    • Perilaku seks bebas
    • Kerap berganti pasangan seksual

    Pemeriksaan pada HIV dianjurkan untuk ibu hamil. Antibody yang menunjukkan non reaktif menandakan bahwa tidak adanya infeksi HIV di dalam tubuh saat dilakukan pemeriksaan. Sebaiknya lakukanlah pemeriksaan 3 bulan setelah dilakukannya pemeriksaan pertama dan 6 bulan setelah pemeriksaan pertama agar dapat didapatkan hasil yang lebih pasti mengenai kesimpulan pada hasil pemeriksaan.

     

    Untuk melakukan pemeriksaan HIV, lakukan kunjungan ke klinik VCT ( Voluntary Counseling and Testing) untuk mendapatkan pelayanan konseling dan pemeriksaan darah untuk mendeteksi virus HIV. Klinik VCT dapat ditemukan pada rumah-rumah sakit atau komisi atau yayasan dan layanan perduli akan HIV/ AIDS.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi