Tanya Dokter

  • Waktu pemeriksaan HIV

  • salam dok, saya mau tanya kalo kita tes hiv yang paling akurat harus berapa bulan dok, soalnya sya sering periksa kedokter tp beda beda jawabannya ada yang bilang 3 bulan 6 bulan 8 bulan bahkan 1 tahun, sebenarnya yang benar yang mana dok?

    terima kasih

    Hai Kadir Tidak ada angka pasti kapan paling akuratnya pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi HIV, karena setelah virus HIV masuk ke dalam tubuh, virus tersebut mempunyai jangka waktu cukup lebar yaitu antara 2 minggu sampai 6 bulan untuk membuat antibodi, ini dinamakan dengan window period. Di waktu ini pemeriksaan dapat tetap negatif walaupun sebenarnya virus telah masuk dalam tubuh. Selain itu seseorang terkadang tidak tahu kapan pasti kapan terkena pajanan dengan faktor risiko HIV yaitu berhubungan intim dengan pasangan berisiko seperti PSK, narkoba dengan jarum suntik bergantian, tertusuk alat medis, dsb. Saat ini terdapat beberapa metode untuk pemeriksaan HIV, antara lain:

    • Tes antibodi standard, pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi antibodi HIV dalam darah. Tes ini sebaiknya dilakukan 1 -3 bulanbulan setelah kira-kira waktu terjadi kontak dengan virus HIV, misal berhubungan intim, tertusuk jarum suntik, dsb.
    • Tes antibodi cepat (rapid test): Tes juga hanya akan memberikan hasil yang akurat sebulan setelah terjadinya pajanan terhadap virus HIV.
    • Tes antigen HIV: tes darah ini dapat mendeteksi HIV sekitar 20 hari lebih cepat daripada tes standar.
    Sebelum melakukan pemeriksaan diatas, Anda dapat berkonsultasi dahulu pada poli VCT (voluntary counseling test) untuk mendapatkan informasi secara lengkap serta penanganannya. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Memeriksakan dini untuk deteksi HIV. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william