Tanya Dokter

  • Pemeriksaan kehamilan yang tepat

  •  Sonerhy
    Anggota
    Saya mau tanya, banyak yang bilang kalau tes kehamilan gacuma pakai tespack tpi bisa juga pke pasta gigi yg di campur sama bbrpa tetes urin, itu benar ga dok? Katanya kalau menunjukan gelembung dan berubah warna kemungkinan positif, kalau benar begitu, jika hanya muncul gelembung saja bagaimana?

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kalau prosedur yang Anda katakan dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui adanya kehamilan atau tidak. Untuk deteksi dini kehamilan, adapun prosedur yang dapat digunakan adalah tes urine atau tespack, tes darah untuk melihat adanya hormon beta hcg, dan pemeriksaan USG di dokter kandungan. Untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak secara pasti dilakukan dengan pemeriksaan USG dimana akan terlihat kantong kehamilan dan juga bakal janin.

    Jika curiga hamil, sebaiknya anda melakukan test pack minimal 1 minggu sejak terlambat haid. Jika negatif, maka lakukan pengecekan ulang 1 minggu setelah testpack pertama. Langkah paling tepat adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan menanyakan beberapa hal terkait siklus menstruasi, dll. Kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang berupa USG maupun tes kencing jika diperlukan.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti