Tanya Dokter

  • tes kehamilan selain dengan testpack

  •  Ayekk Lee
    Anggota

    hallo dok,

    awal sy brhubungan pd tgl 8 juli kmren dan setelah itu kita brhubungan lagi smpai akhir nya setelah berhubungan 2 hari kemudian sy mens 4 hri ,mens terjadi sekitar 5 hri sblm lebaran muslim, sy takut hamil dok adakah cara lain untuk mengetest kehamilan tanpa menggunakan testpack? dan adakah cara agar tidak terjadi kehamilan?

    Hai Ayek, Menstruasi adalah hal yang wajar dialami setiap wanita. Siklus menstruasi merupakan perubahan dalam tubuh wanita, khususnya pada bagian organ reproduksi. Menstruasi terjadi ketika dinding rahim (endometrium) yang menebal mengalami peluruhan karena tidak adanya pembuahan sel telur. Oleh sebab itu jika anda mengalami menstruasi artinya adalah anda tidak hamil. Jenis-jenis tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak adalah sebagai berikut:

    • Tes urin yang sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) akan mengalami jumlah yang tinggi pada saat pagi hari.
    • Tes darah yang dilakukan untuk melihat jumlah HCG juga. Sama dengan tes urin namun hany aetodenya saja yang berbeda. Tes darah ini hanya dapat dilakukan di laboratorium.
    • Pemeriksaan USG yangmerupakan pemeriksaan yang paling akurat karena dengan pemeriksaan USG langsung dapat dilihat keadaan di dalam rahim apakah ada kantong kehamilan atau tidak. Pemeriksaan USG hanya dapat dilakukan oleh dokter.
    Jika anda memilih untuk memeriksa sendiri sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan test pack namun pemeriksaan test pack tidaklah efektif 100 persen, jika anda masih ragu anda daapt mengunjungi dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan yang akurat. Pemeriksaan test pack sebaiknya dilakukan 1 minggu setelah melakukan hubungan seksual atau 7 hari setelah ovulasi. Untuk mencegah terjadinya kehamilan anda dapat menggunakan berbagai macam alat kontrasepsi seperti metode kalender, kondom, pil KB, implant, IUD, dll. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Cara memilih alat kontrasepsi Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit