Tanya Dokter

  • Tes untuk mendeteksi sifilis

  •  Radechio
    Anggota

    Halo dokter, saya ingin bertanya. Sekitar agustus akhir saya sempat berhubungan dengan terapis, pada saat awal penetrasi ternyata kondom bocor. Itu menurut terapisnya saya sendiri tidak sadar, dan kondomnya pun tidak terlihat robek. Langsung ganti kondom baru.

    1 minggu kemudian saya langsung tes lab untuk sifilis dan hiv. Hasil vdrl dan tpha adalah 0. Untuk hiv negatif/non reaktif.

    Yg ingin saya tanyakan apakah hasil vdrl dan tpha itu akurat ? Saat pertanyaan ini saya tulis sudah 1 bulan semenjak kejadian kondom bocor, tapi saya tidak menemukan chancre di sekitar penis saya

    Selama 3 tahun saya sudah berhubungan seks dengan 5 psk berbeda dan slalu menggunakan kondom. Hanya 1 kali kondom bocor yang saya ketahui.

    Halo, Menurut penelitian sensitivitas tes VDRL dan TPHA untuk mendeteksi sifilis adalah sekitar 95 - 100 % akurat. Tes tersebut digunakan untuk mendeteksi antibodi yang dibentuk tubuh ketika tertular sifilis. Bila antibodi tidak terdeteksi dalam tubuh Anda maka hal itu menunjukan bahwa Anda tidak tertular sifilis. Tes tersebut bisa menunjukan hasil negatif yang salah bila Anda sebelumnya pernah tertular sifilis. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi sehingga tidak terdeteksi pada pemeriksaan. Pemakaian kondom yang tidak tepat memang bisa menyebabkan efektifitas kerjanya berkurang. Pastikan kondom yang Anda pakai tidak kadaluarsa, masih mengandung pelumas, serta tepat ukurannya. Pasang kondom secara perlahan untuk menghindari robekan, serta lepas segera bila ereksi sudah melemah. Semoga membantu, terimakasih

    Radechio  Radechio
    Anggota

    Halo dokter, terima kasih banyak atas responnya. Sebelumnya sih saya belum pernah kena sifilis dok, jarak saat kejadian kondom bocor kemarin dengan psk sebelumnya cukup lama kira2 sekitar 1,5 tahun. Dan sebelum kondom bocor saya tidak pernah mengalami gejala2 penyakit menular seksual. Tes dengan jarak 1 minggu setelah kejadian itu apakah sudah cukup dok atau saya perlu tes ulang lagi 3 bulan kedepan ? Terima kasih sebelumnya dok.