Tanya Dokter

  • Tes torch sebelum program hamil

  •  Mrs.Zaidi
    Anggota

    Salam..Dokter. Saya 28 th,8 sept 2015 lalu saya keguguran di kehamilan 3 bulan. Beberapa minggu pasca keguguran saya lakukan tes torch dengan hasil titter IGM negative semua, namun utk IGG Reubella + 177 dan IGG Cmv + 50. Saya di anjurkan untuk terapi Acyclovir 400mg dan Isoprinosin mulai dari sekarang bahkan sampai nanti bila saya sudah hamil kembali. Yang ingin saya konsultasikan kpd dokter : 1. Penyebab keguguran saya apakah dikarenakan titter + IGG rubella 177 dan + IGG Cmv 50 tsb dok? 2. berbahayakah kondisi saya dg hasil tes torch tsb? 3. Apakah dengan hasil tes torch saya tsb memang sangat diperlukan terapi acyclovir & isoprinosin sebelum program hamil? 4. Acyclovir & isoprinosin apakah sudah sesuai dan tepat sasaran untuk pengobatan IGG Rubella dan Cmv? 5. Mengingat dosis yg diberikan 3x1 hari apakah ada efek jangka panjang dari kedua obat tsb? 6. saya ingin sekali hamil kembali dok..kapan waktu yang ideal untuk saya bisa lakukan program hamil lagi dokter? Mohon dibantu utk jawaban nya dokter..Terimakasih

    Hai Mrs Zaidi, Terima kasih telah mempercayai kami tim alodokter, hasil test TORCH yang anda lakukan, IgG rubella +177 dan IgG CMV +50. IgG merupakan petanda infeksi di masa lampau, sementara IgM merupakan petanda infeksi sekarang.

    1. Penyebab keguguran bisa bermacam macam, dokter akan berusaha mencari kemungkinan kemungkinan yang ada untuk ditindaklanjuti. Jadi, hasil test anda, mungkin merupakan temuan yang harus ditindaklanjuti menurut dokter anda.
    2. Jika hanya ditemui riwayat infeksi masa lampau, tentunya tidak berbahaya.
    3. Terapi yang anda jalani saat ini tentunya merupakan pertimbangan dokter yang sudah memeriksa anda secara langsung, dan dokter andalah yang paling mengetahui kondisi anda.
    4. acyclovir dan isoprinosin merupakan obat obatan anti virus
    5. Setiap obat pasti memiliki efek samping, pemberiannya hanya jika dipertimbangkan manfaatnya akan lebih besar ketimbang resiko yang timbul
    6. idealnya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan anda, untuk lama pengobatan, dan rencana kehamilan.
    demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.