Tanya Dokter

  • tespack tidak konsisten

  •  Vivi Afriani
    Anggota
    Dok saya mau tanya.. Kan kemaren saya tespack.. Hasilnya positif namun samar.. Karena saya masih penasaran saya tes lagi besoknya.. . Hasilnya negatif.. Itu dikarenakan apa ya dok.. ? Saya jadi resah.. . Mual setiap pagi.. Mual berkurang disaat posisi tidur.. Saat duduk.kembali mual.. Tolong bantuannya ya dok..

    Hai Vivi,

    Pada saat seorang wanita mengalami kehamilan memang dapat timbul tanda-tanda kehamilan seperti mual dan muntah, sering buang air kecil, payudara sensitif dan sebagainya. Namun semua gejala ini bukanlah merupakan tanda pasti kehamilan. Artinya gejala yang timbul dapat saja diakibatkan oleh faktor penyebab yang lain, seperti gangguan lambung, masalah pencernaan, perubahan hormonal, dan sebagainya. Oleh karena itu untuk mendeteksi dan memastikan kehamilan harus dilakukan pemeriksaan medis, yaitu dengan tes urine, tes darah, dan USG.

    Testpack merupakan alat tes kehamilan yang dapat mendeteksi kehamilan melalui kadar hormon kehamilan (hCG/human chorionic gonadotropin) yang terkandung di dalam urine. Testpack memiliki sensitivitas di atas 90% dalam mendeteksi kehamilan. Artinya masih ada kemungkinan hingga 10% di mana hasil testpack tidak menunjukkan kondisi sebenarnya.

    Testpack dapat menunjukkan hasil negatif palsu (mengalami kehamilan namun tidak terdeteksi dengan testpack) maupun positif palsu (hasil testpack positif namun tidak terjadi kehamilan). Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti testpack yang rusak atau kadaluarsa, cara melakukan pemeriksaan testpack yang tidak benar, terlalu lama membaca hasil testpack (testpack sebaiknya dibaca paling lama 3 menit setelah dicelupkan), konsumsi obat-obatan tertentu, janin tidak berkembang, adanya tumor, dan sebagainya.

    Bila Anda telah melakukan pemeriksaan testpack dengan hasil yang berbeda, maka Anda dapat kembali mengulang tes untuk memastikan hasilnya. Pemeriksaan testpack sebaiknya dilakukan setelah terjadi keterlambatan menstruasi, di mana hormon kehamilan telah semakin tinggi kadarnya dalam urine sehingga dapat dideteksi secara lebih akurat dengan testpack.

    Pemeriksaan testpack sudah dapat dilakukan sejak hari pertama terlambat menstruasi. Bila hasilnya negatif maka tes dapat kembali diulang 1 minggu kemudian. Namun bila masih ragu dengan hasilnya, maka Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan. Pada keterlambatan menstruasi 2-4 minggu umumnya kantong kehamilan, janin, dan detak jantung janin sudah dapat dideteksi melalui pemeriksaan USG (bila memang terjadi kehamilan).

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Tes awal kehamilan dengan testpack

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman