Tanya Dokter

  • kemungkinan tertular HIV melalui hubungan seksual dengan penderita HIV

  •  Asep Hanafi
    Anggota
    Dok, mau tanya. Saudara sy pernah menikah dan terakhir berhubungan pada pertengahan tahun 2014. Khawatir mantan suaminya terkena HIV, saudara melakukan pemeriksaan HIV di laboratorium pada awal Januari 2016. hasilnya non reaktif. menurut dokter hasil itu meyakinkan? karena kini saudara saya telah menikah lagi & kembali khawatir karena skr sdg mengandung.  mohon jawabannya. thanks dok
    Asep Hanafi  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo Pak Asep,

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. Tes HIV ini biasanya cukup akurat dilakukan paling tidak 3 minggu setelah berhubungan seksual berisiko. Jadi, apabila Anda terakhir berhubungan pada pertengahan tahun 2014, pemeriksaan pada awal 2015 sudah cukup valid untuk menentukan apakah seseorang terkena HIV atau tidak.

    Pemeriksaan pada bulan Januari 2016 sebetulnya sudah memenuhi syarat 3 minggu ini. Namun, kita harus ingat bahwa tidak ada pemeriksaan yang sempurna. Bisa saja memang hasil ini negatif palsu atau sebetulnya Anda terkena HIV namun hasil pemeriksaan tes Anda ini negatif. Sebaiknya riwayat Anda berhubungan dengan orang yang mungkin terkena HIV ini Anda komunikasikan dengan dokter Anda. Melihat bahwa Anda sedang hamil sekarang dan ada riwayat berhubungan seksual maka ada kemungkinan tes HIV ini diulang untuk memastikan bahwa tidak ada HIV.

    Kedepannya, penggunaan kondom dapat mencegah penularan HIV. Sebaiknya lakukan pemeriksaan HIV juga dengan pasangan seksual Anda untuk memastikan Anda dan istri Anda tidak terkena HIV.

    Salam Sehat,

    dr. Sutandi