Tanya Dokter

  • Hasil testpack 2 garis samar

  •  Mimiliya
    Anggota
    Malam dok maaf mau tanya masalah mengenai kehamilan saya. Awal kehamilan saya tidak tau karena semua gejala kehamilan hampir tidak pernah saya alami, seperti mual muntah, ngidam, demam, pusing dan lain2, saya tau saya hamil ketika telat datang bulan pada bulan Oktober dan saya test menggunakan testpack dan hasil nya positif dan tanda merah kedua sangat terang, tapi setelah di cek lagi pada bulan November ini tapi tanda merah pada garis kedua terlihat buram, apakah ada masalah dengan kehamilan saya dok? Dan saya takut bermasalah juga karena tidak mengalami gejala kehamilan.

    Hallo Mimiliya

    Garis yang buram pada hasil test pack bisa disebabkan karena urin yang digunakan sebagai sampel terlalu encer atau alat yang digunakan mengalami masalah sehingga garis kedua tersebut tampak samar. Pemeriksaan test pack kehamilan bekerja dengan cara mendeteksi adanya hormon kehamilan hCG didalam urin, hormon hCG ini dapat di deteksi di urin sejak hari ke 10 terlambat mengalami haid dan akan mengalami kadar hCG tertinggi pada 8-10 minggu sejak hari pertama haid terakhir, kemudian secara perlahan akan berangsur mengalami penurunan, jadi periode sudah kehamilan sudah lewat dari 10 minggu perlu juga dipertimbangan sebagai salah satu penyebab mengapa hasil test pack Anda tampak buram pada garis yang kedua.

    Anda bisa mengulang kembali pemeriksaan kehamilan dengan test pack tersebut 3-7 hari kemudian, namun dianjurkan menggunakan sampel urin pada saat pagi hari agar hasilnya lebih akurat. Jadi tidak perlu terlalu khawatir selama Anda tidak merasakan tanda-tanda gangguan pada kehamilan, seperti nyeri hingga keram perut, keluar darah hingga gumpalan jaringan dari jalan lahir. 

    Tidak semua wanita hamil mengalami rasa mual, muntah, ngidam, peningkatan berat badan, dan payudara membesar. Jadi tidak adanya gejala-gejala tersebut bukan berarti wanita tersebut sedang tidak hamil.

    Namun segera ke dokter  apabila Anda mengalami tanda-tanda gangguan kehamilan, atau ketika hasil pemeriksaan 1 minggu kemudian masih didapatkan hasil yang buram pada garis kedua. Supaya dokter dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan metode selain pemeriksaan urin, seperti pemeriksaan kadar hCG dari darah, pemeriksaan fisik, bahkan mungkin diperlukan pemeriksaan USG jika usia kehamilan (diprediksi dari hari pertama haid terakhir) sudah bisa diperiksa oleh pemeriksaan USG tersebut.

    Artikel diskusi terkait untuk disimak Hasil test pack ke2 garis samar

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold