Tanya Dokter

  • Tentang penyakit thalassemia

  • Dokter, terkait pertanyaan hasil lab saya yang sebelumnya, jadi apa kah dari hasil lab tersebut, apakah maksud dokter saya terkena thalasemia? Dan Thalasemia jenis apa dok? Mohon penjelasannya terima kasih.

    Hallo Rusiana Theresia, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Menyimak diskusi anda pada pertanyaan sebelumnya telah dijawab dengan jelas oleh dokter Radius. Bahwasanya anda telah melakukan pemeriksaan retikulosit, apusan darah tepi dan juga pemeriksaan tinja. Hasil pemeriksaan tinja dan retikulosit anda termasuk kedalam batas normal, sedangkan untuk hasil pemeriksaan apusan darah tepi menunjukkan adanya suatu gangguan yang memberikan kesan anda mengalami suatu anemia. Jenis anemia yang anda alami termasuk kedalam anemia mikrositik hipokromik. Anemia mikrositik hipokromik ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

    Jadi belum tentu kondisi anemia yang anda alami saat ini disebabkan oleh thallasemia, karena penegakkan diagnosis pasti penyakit thallasemia tidak hanya ditegakkan berdasakan dari hasil pemeriksaan apusan darah tepi saja. Masih dapat dimungkinkan anemia yang terjadi pada diri anda disebabkan oleh anemia defisiensi besi atau akibat kekurangan zat besi. Oleh karena itu anjuran yang diberikan kepada anda adalah untuk dilakukannya pemeriksaan SI dan TIBC yang berfungsi untuk menilai kadar zat besi dalam tubuh. 

    Penegakkan diagnosis pasti suatu penyakit haruslah berdasarkan dari keluhan, riwayat kesehatan yang anda alami, pemeriksaan fisik langsung dan baru dibantu ditunjang dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dan diskusikan kembali mengenai hasil pemeriksaan laboratorium yang anda lakukan ini dengan dokter yang menangani anda sebelumnya dan yang juga telah melakukan pemeriksaan secara langsung pada diri anda  atau dengan dokter yang meminta anda untuk melakukan pemeriksaan laboratorium sebelumnya. Karena hanya dokter tersebutlah yang paling berhak untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda derita.