Tanya Dokter

  • Test untuk Imunisasi BCG karena telat

  •  Aisyandra
    Anggota

    Anak saya saat ini berumur 15 bulan, bidan tempat saya imunisasikan anak saya berkata bahwa anak saya sudah disuntik BCG dan dibuku catatannya sudah ada. hanya saja seingat saya belum disuntik karena saat itu bersamaan dengan menindik telinga. dan saya ingat sehabis dari bidan tidak ada sedikitpun bekas suntikan. yg saya maksud bukan tanda BCG berhasil tapi tanda disuntik. saya hendak memeriksakan anak saya untuk imunisasi BCG ulang, apakah bisa dilakukan di dokter anak atau langsung ke rumah sakit? kira-kira berapa biaya untuk test keseluruhan dok?

    Halo Aisyandra,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Vaksinasi BCG merupakan pemberian vaksin untuk mencegah penyakit tuberculosis. Pemberian vaksin ini biasanya diberikan secara subcutan pada lengan kanan atas anak. Sehingga setelah dilakukan penyuntikan ini biasanya akan terbentuk benjolan dan menimbulkan tanda seperti bekas luka pada lengan atas kanan.

    Apabila Anda ragu apabila anak Anda belum dilakukan imunisasi BCG Anda dapat mengkonsultasikan anak Anda ke dokter anak Anda, biasanya akan dilakukan test mantoux atau tes uji tuberkulin untuk mengetahui apakah anak Anda sudah terpapar kuman tuberculosis atau belum.

    Untuk biayanya tergantung dari tempat Anda memeriksakan anak Anda, untuk memastikannya Anda dapat menghubungi langsung tempat yang Anda tuju, namun biasanya biaya berkisar ratusan ribu.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar