Tanya Dokter

  • Ciri-ciri seorang terinfeksi tifus

  •  Ddi Aryad
    Anggota
    Dok tgl 21 oktober yg lalu saya demam 5 hr. Kemudian kedokter dan cek darah hasilnya s typhi o dan s tyhpi h negatif. Saya diberi antibiotik dan penurun panas. Dr situ keadaan saya membaik. Kemudian tgl 5 november saya kembali demam disertai Batuk. Saya pikir demamnya krna batuk, jd saya minum obat batuk. Tp demam tak kunjung turun. Tgl 7 br saya cek darah. Hasilnya s typhi o negatif dan s typhi h positif 1/80. Apakah itu brrti saya kena tifus? Saya minum antibiotik dan obat demam persis yg minum sebelumnya alhamdulillah sdh tdk demam lagi. Tp badan msh lesu, mulut terasa pait, penglihatan berputar2 saat posisi berdiri,kurang nafsu makan.
    Ddi Aryad  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ddi Aryad.

    Demam merupakan gejala dimana ditandai dengan peningkatan suhu tubuh diatas 37,5 sebagai tanda tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap adanya infeksi dalam tubuh. Demam sendiri dapat dipicu oleh banyak penyebab seperti infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit, radang sendi, pasca imunisasi, terlalu lama terpapar matahari dan lainnya.

    Penyebab paling umum adalah infeksi saluran pernapasan tetapi jika dalam beberapa hari demam naik turun dan tidak kunjung sembuh maka beberapa kemungkinan lain dapat menjadi penyebabnya seperti misalnya tifus. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan tambahan untuk mendiagnosis tifus seperti pemeriksaan lab darah atau tes widal. Tes widal sendiri merupakan uji serologi untuk mendeteksi keberadaan bakteri salmonella penyebab tifus.

    Tes widal bermakna jika hasilnya adalah meningkat 4 kali dari normal dan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien. Jadi dikatakan positif adalah ketika didapati tes widal dengan hasil 1/320. Hasil 1/80 bisa disebabkan oleh waktu tes yang terlalu dini, ataupun juga karena Indonesia sendiri merupakan daerah yang endemis sehingga tubuh sudah membentuk antibodi secara alami sehingga jika dilakukan pemeriksaan hasilnya dapat positif tetapi tidak bermakna. Selain dengan widal, tifus juga dapat dideteksi dengan tes TUBEX yang lebih cepat dan akurat.

    Untuk itu tetap jalankan anjuran pengobatan dari dokter sesuai anjuran dan jika diberikan antibiotik harus sampai tuntas agar menghindari resistensi antibiotik. Cukup beristirahat, minum banyak air putih, makan secara teratur dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta periksakan kembali kondisi Anda jika tidak mengalami perbaikan untuk dilakukan evaluasi ulang mengenai kondisi yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.