Tanya Dokter

  • Mengalami pembengkakan pada testis dan cara mengobatinya

  •  tora123
    Anggota

    Pagi dok? Sy sedang sakit,Testis saya sblh kiri membesar sebesar bola tenis. Saya kira hernia, tpi kmren sy periksa ke dokter bedah kta dkter bukan hernia. Brdsarkn hasil USG sy di diagnosa radang/infeksi testis. Dokter tidak menganjurkan operasi. Pertanyaan saya apakah ukuran testis sy bisa kmbali normal dok? Klo bleh minta resep obat yang bisa mengobati penyakit saya ini. Tolong ditanggapi, mksih sblmnya.

    tora123  dr. Rico N
    Dokter

    Hai, Radang testis, disebut juga orchitis merupakan suatu reaksi peradangan akut pada testis yang biasanya disebabkan infeksi. Infeksi yang terjadi dapat dikarenakan oleh virus (paling sering berhubungan dengan virus mumps/gondongan) maupun infeksi bakteri. Pengobatan biasanya akan tergantung dari penyebab radang testis. Jika oleh infeksi virus maka hanya akan diberikan obat-obat pereda gejala. Pada radang testis karena infeksi bakteri maka diperlukan pemberian antibiotika. Operasi biasanya tidak dilakukan pada pasien radang testis. Pada radang testis karena virus biasanya akan membaik dalam 5-10 hari, jika disebabkan bekteri dengan pemberian antibiotik yang tepat radang testis dapat sembuh tanpa / dengan komplikasi minimal dan pembengkakan akan menghilang kembali sediakala. Beberapa tindakan yang perlu anda lakukan dirumah : 1. Istirahat / bed rest 2. Mengaplikasikan kompres dingin / es ke testis selama 10-15 menit , 4x sehari 3. mengelevasi testis dengan memberikan ganjalan bantal kecil atau handuk kecil diselangkangan sehngga testis terelevasi untuk mengurangi nyeri 4. anda dapat mengkonsumsi antinyeri seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa nyeri. beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan pembengkakan kantung pelir/ buah zakar : - Hernia - Hidrokel / rongga kantung pelir terisi cairan - Varikokel / varises pembuluh darah testis - Epididimitis / radang saluran sperma - Torsio testis / testis terpuntir - Tumor / keganasan Informasi tambahan mengenai hernia Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr. Rico Novyanto

    tora123  1991sucess
    Anggota

    tora123 May 20, 2015 at 9:20 am Pagi dok? Sy sedang sakit,Testis saya sblh kiri membesar sebesar bola tenis. Saya kira hernia, tpi kmren sy periksa ke dokter bedah kta dkter bukan hernia. Brdsarkn hasil USG sy di diagnosa radang/infeksi testis. Dokter tidak menganjurkan operasi. Pertanyaan saya apakah ukuran testis sy bisa kmbali normal dok? Klo bleh minta resep obat yang bisa mengobati penyakit saya ini. Tolong ditanggapi, mksih sblmnya.
    salam hangat, berdasarkan pengalaman sdr Tora saya juga mengalami kejadian yang sama, tetapi setelah di usg dokter belum mengetahui hasil analisa tersebut dan kejadian sudah dari awal tahun 2015. dokter urologi pun belum bisa menentukan penyakit apa, beliau menyarankan untuk tes USG kembali. saya mencoba cek darah dengan hasil AFP 51.03. Apakah dengan hasil diagnosa AFP sudah pasti itu adalah kanker dok? tolong pencerahannya terima kasih.  

    tora123  dr. Rico N
    Dokter

    Jika kita berbicara mengenai kanker testis, maka seperti semua kanker lainnya, diagnosa emasnya adalah dengan biopsi. USG merupakan pemeriksaan tidak invasif yang dapat dilakukan / diulang dengan mudah, terkadang memang dibutuhkan sampai beberapa kali pemeriksaan untuk menentukan kelainan yang diderita. Pemeriksaan tumor marker pada kanker testis dan juga kanker-kanker lainnya tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan tunggal, misal pada kecurigaan kanker testis selain AFP juga diperlukan pemeriksaan LDH dan beta HCG. Sehingga AFP yang meningkat belum tentu karena kanker testis, karena juga dapat meningkat pada kelainan lain seperti gangguan fungsi hati, hepatitis, sirosis hati, kanker hati, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan. Saya sarankan agar anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi anda dan mengikuti sarannya untuk melakukan USG ulang.  Pemeriksaan radiologi lain seperti CT scan berguna untuk menentukan staging/stadium tumor. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    tora123  Daniel Arafat
    Anggota

    Saya mengalami hal yang sama dok.. radang kantung... setelah konsultasi dengan Dr. Urologi.. saya d sarankan untuk rawat inap.. agar bisa di kasih antibiotik lewat infus.. Pertanyaan saya.. apakah memang harus saya d rawat inap.. ? karena berhubung dengan keuangan saya dan biaya rumah sakit yang mahal. Seandainya saya bedrest di rumah.. apakah hasil nya bisa optimal? Dan apa pantangannya selama bedrest di rumah dari hal makanan dan melakukan kegiatan, dan makanan apa yg saya harus konsumsi agar bisa membantu pemulihan. Trima kasih

    tora123  dr. Rico N
    Dokter

    Pada kasus yang ringan, seringkali antibiotik oral cukup untuk menyembuhkan orchitis (radang testis) yang disebabkan bakteri. Jika berat maka dibutuhkan antibiotika intra vena (lewat infus) Bed rest, kompres dingin dan elevasi testis berguna untuk meredakan nyeri. Anti nyeri seperti ibuprofen dan asam mefenamat dapat digunakan untuk meredakan nyeri.

    tora123  Ilham Ilham
    Anggota

    malem dok , ma'af mengganggu testis saya yg sebelah kiri itu ada benjolan, tidak seberapa sakit , saya sudah periksa cuma dikasih obat , itu kenapa dok , dan bagaimana solusinya terima kasih

    tora123  Angga Ariyastia
    Anggota

    Dok. Tetis sebelah kanan saya kayak nya urat" ny membengkak. Itu disebut apa dok. Dan apa pengobatannya dok dan itu d sebabkan oleh apa dok.

    tora123  Eyick Letigawa
    Anggota

    Hallo dok..saya mengalami bengkak dibuah zakar saya awalnya dikarenakan menahan buang air kecil..terus pada saat ejakulasi cairan yg keluar sperma dan darah...bagaimana penanganan dan cara mengobatinya dok..terima kasih.

    tora123  fb-anggaangga3
    Anggota

    sore dok maaf mengganggu! saya juga menglami hal yang sama buah zakar/tetis sebla kana saya sedikit membengkak terkadang terasa nyeri... sudah hampir llebih dari seminggu... apakah itu berbahaya? dan apa obatnya?

    tora123  Hanaa
    Anggota

    salah satu produk kesehatan herbal yang direkomendasikan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya pembengkakan testis.